Tingkatkan Ekonomi Daerah, Bappenas Dorong Percepatan Proyek Utama di Sumbar

0
181
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menghadiri Musrenbang Provinsi Sumatera Barat, pada Jumat, 9 April 2021. FOTO: BAPPENAS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa berharap proyek-proyek prioritas mampu menggerakkan perekonomian di Provinsi Sumatera Barat dengan target laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4-5,7 persen.

Suharso yakin target ini dapat terpenuhi, karena didukung oleh meningkatnya investasi seiring dengan percepatan beberapa proyek utama, kenaikan harga komoditas CPO dan karet, serta program vaksinasi Covid-19. Tahun 2022 akan menjadi tahun kunci bagi pemulihan ekonomi Sumatera Barat.

Bappenas memandang beberapa prioritas daerah di Provinsi Sumatera Barat, yakni pemerataan dan peningkatan kualitas infrastruktur dasar dan digital khususnya di daerah tertinggal; peningkatan infrastruktur pendukung konektivitas khususnya di daerah tertinggal; peningkatan kualitas SDM melalui pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan; mendorong peran UMKM di sekitar kawasan pariwisata melalui pelatihan pelaku UMKM; dan mendorong inovasi sektor pariwisata unggulan daerah.

“Secara khusus, kita perlu memberikan perhatian khusus, antara lain, pengembangan Kawasan Agro-Edu Wisata Padang Mangatas, pembangunan Jalan Tol Padang–Pekanbaru, pengentasan daerah tertinggal Kepulauan Mentawai, pembangunan Bandar Udara Mentawai Baru, maupun adopsi praktik pembangunan rendah karbon dan isu ketahanan pangan,” jelas Suharso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here