Kakanwil Sampaikan Pentingnya Sistematika Penulisan Surat Keputusan

0
220

(Vibizmedia – Nasional) Balikpapan – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kaltim (Sofyan) didampingi perancang peraturan perundang-undangan (Edang Siskalia E.P) hadir menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur hari Kamis, 08 April 2021 bertempat di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan.

Dengan mengusung tema “Rancangan Penetapan Keputusan Gubernur dan Sekretaris Daerah” kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh Perangkat Daerah di Jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Isran Noor) yang diwakilkan oleh Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Rozani Erawadi). Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Timur mengatakan bahwa “ kami berharap melalui kegiatan bimbingan teknis ini para peserta bisa lebih terampil dan mampu menyusun dan merancang naskah produk hukum khususnya keputusan kepala daerah yang baik, benar dan berkualitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku”.

Kakanwil dalam paparannya memberikan penjelasan tentang siapa saja para penyusun Rancangan Keputusan Gubernur, alur penetapan rancangan keputusan, serta pendelegasian penandatanganan rancangan Keputusan Gubernur tersebut. Kakanwil juga menegaskan untuk selalu memperhatikan sistematika Surat Keputusan yaitu :

1. Konsiderans : Bagian surat keputusan yang berisi hal-hal yang menjadi pertimbangan pembuatan surat keputusan
2. Desideratum : Bagian yang berisi tujuan (untuk apa) surat keputusan dibuat
3. Diktum : Bagian surat keputusan yang berisi butir-butir ketetapan

Selain memberikan materi tentang penyusunan rancangan Surat Keputusan, diadakan juga pelatihan singkat penyusunan rancangan Surat Keputusan Gubernur tersebut. “Harapan kami, dengan hasil dari kegiatan ini bisa dijadikan contoh dan berdampak positif bagi diri kita sendiri  dan pelaksanan tugas kita sehari-hari baik dari segi hukum maupun karir kita semua”, ujar Sofyan. (Red Humas Kumham Kaltim/YN)

Sumber : Humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here