Nyam Nyam Uwenak: Nasi Bakar Ayam Suwir

0
77

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Makanan serba bakar punya penggemar tersendiri, rasa dan aromanya yang khas memang mengundang selera. Kali ini Nyam Nyam Uwenak menyajikan resep praktis dan mudah tapi lezat, yaitu Nasi Bakar Ayam Suwir.

Bahan utama (untuk 1 porsi):

1. Cabe kriting 2 buah
2. Cabe rawit merah 2 buah
3. Bawang merah 2 buah
4. Bawang putih 1 buah
5. Jahe 1/4 ibu jari
6. Lengkuas 1/4 jari telunjuk
7. Daun kemangi secukupnya
8. Daun bawang 1 batang
9. Daging ayam 100 gram, direbus dan disuwir-suwir
10. Nasi matang 1 porsi

Bumbu tambahan:
1. Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
2. 1/2 sendok teh gula pasir
3. 1/4 sendok teh garam
4. Santan 1 sendok makan penuh
5. Garam secukupnya

Cara memasak:

Semua bumbu: bawang merah, bawang putih, cabe kriting, cabe merah,jahe dan lengkuas, diblender dengan menambahkan air 50 ml.

Siapkan wajan dan minyak untuk menumis, sekita 2-3 sendok makan. Bumbu yang sudah diblender ditumis sampai kering atau matang, lalu masukkan ayam suwir dan bumbu tambahan.

Aduk rata lalu terakhir masukkan daun kemangi dan daun bawang sampai harum dan bewarna kemerahan, matikan kompor dan disisihkan.

Selanjutnya nasi yang sudah matang dicampur dengan santan dan garam, agar gurih dan  wangi rasanya. Setelah tercampur semua, panaskan daun pisang sampai layu, agar memudahkan menggulung nasi bakar.

Setelah siap ambil nasi taruh di daun pisang dan isi dengan ayam suwir yang sudah matang lalu digulung dan dibuat seperti lontong. Panaskan wajan/ pan bakaran lalu dibakar sampai kecoklatan. Selanjutnya siap untuk disajikan dalam kondisi hangat-hangat.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here