Keindahan Bukit Tungku Wiri, Jayapura

0
291
(Photo: Septa/VM)

(Vibizmedia-Lensa Vibizmedia) Bukit Tungku Wiri terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Jayapura. Wiri berarti gunung dan tungku adalah bahasa asli kampung Doyo Lama. Lama perjalanan dari Abepura ke bukit ini sekitar 1 jam, kalau dari Sentani ke bukit ini membutuhka waktu sekitar 30 menit. Karcis masuk utk motor Rp. 5.000, untuk mobil Rp.10.000 dimana kendaraan dapat diparkir ditempat yang disediakan pihak pengelola.

(Photo: Septa/VM)

Untuk jalur pendakian menuju ke atas bukit ada dua jalan, yang pertama bisa melalui jalan setapak untuk mengitari bukit, yang kedua bisa lewat anak tangga warna warni. Sebagian lemak terasa berkurang saat naik tangga-tangga menuju ke atas bukit.

(Photo: Septa/VM)

Di atas bukit, pengunjung bisa foto-foto, beberapa fotografer senang mengambil foto saat matahari terbit dan terbenam, selain itu di atas bukit juga bisa melihat hijaunya perbukitan di pinggir Danau Sentani hingga pemandangan indah di kaki Gunung Siklop.

(Photo: Septa/VM)

Banyak pengunjung lebih suka datang ke Bukit saat sore hari untuk melihat “sunset” atau matahari terbenam. Pemandangannya keren sekali, indah sekali mataharinya. Di atas bukit sudah disediakan pondok-pondok untuk beristirahat.

Yang disayangkan, masih kurangnya kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan di area wisata perbukitan, sehingga banyak yang suka membuang sampah sembarangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here