Desa Woloan, Penghasil Rumah Panggung yang Mendunia

2
563
Rumah panggung, buah karya warga Desa Woloan di Minahasa, Sulawesi Utara (Foto: Wiesye Lantang/VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Mungkin, nama Desa Woloan di Sulawesi Utara, jarang terdengar di telinga kita. Tapi jangan salah, desa ini mempunyai hasil karya yang sudah terkenal, bahkan sampai di luar negeri, yaitu rumah panggungnya.

Rumah panggung dari kayu, khas Desa Woloan di Minahasa, Sulawesi Utara (Foto: Wiesye Lantang/ VM)

Rumah panggung, merupakan buah karya dari Desa Woloan di Minahasa, Sulawesi Utara ini, memang bisa dikatakan menarik. Bahkan, calon pembeli pun bisa memesan besar rumah yang diinginkannya. Rumah tersebut, bisa dibuat 1 kamar, 2 kamar, 3 kamar, atau bahkan lebih dari itu, tentunya disesuaikan dengan pesanan yang ada. Menarik, kan?

Ada fakta menarik lainnya dari rumah panggung ini. Bukan hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga diekspor ke luar negeri. Mungkin Anda bingung, bagaimana ya caranya rumah diekspor? Nah, caranya adalah, penjual akan mengirimkan bahan bakunya ke luar negeri, beserta tukang pasangnya. Jadi, dapat dipastikan proses pembangunan rumah tersebut bisa selesai dengan tuntas.

Rumah panggung ini sudah diekspor dengan harga minimal Rp.50 juta per unit (Foto: Wiesye Lantang/ VM)

Bicara soal harga, rumah panggung dari Desa Woloan ini, dihargai mulai dari 50 juta Rupiah, sampai ratusan juta Rupiah. Tentunya harganya disesuaikan berdasarkan bentuk rumah yang diinginkan pembeli.

Suatu hal yang unik, dimana rumah bisa diekspor sampai ke luar negeri. Tetapi, Desa Woloan di Sulawesi Utara telah mewujudkannya. Desa Woloan, memang merupakan desa yang menarik dengan rumah panggungnya yang mendunia.

2 COMMENTS

  1. Rumah panggung ini banyak loh keunggulannya. Salah satunya adalah sirkulasi udara lebih lancar sehingga membuat hawa udara di dalam rumah jadi lebih adem. Sesuai lah dengan kondisi iklim tropis di negeri kita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here