Lagi, Tim Satgas Kamtib Razia Lapas Singkawang

0
133

(Vibizmedia – Nasional) Singkawang – Tim satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat kembali melakukan razia blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu(21/21). Kali ini kegiatan razia dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singkawang, setelah sebelumnya melakukan razia di Rutan Kelas IIB Bengkayang. Tujuan dari razia ini guna mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas dan gangguan keamanan dan ketertiban saat bulan Ramadhan.

“Kami hari ini melakukan razia di blok hunian baik laki-laki dan wanita guna mengantisipasi adanya barang-barang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam Lapas. Selain itu menyikapi banyaknya berita di luar tentang banyaknya peredaran narkoba, jangan sampai itu terjadi di dalam Lapas,” tegas Suprobowati.

Pada bulan puasa seperti saat ini banyak sekali titipan barang terutama makanan yang masuk, jangan sampai nantinya hal ini menjadi alasan masuknya barang terlarang. Untuk itu tim Satgas Kamtib Divisi Pemasyarakatan  mencoba membersihkan blok hunian di Lapas Singkawang dengan melakukan razia, tambah Probo

“Selain razia, kami juga melakukan penilaian kepada para petugas yang sudah diberikan pembelajaran terkait teknis pengamanan, Apakah ilmu yang mereka dapat sudah bisa direalisasikan di lapangan atau belum, petugas sudah disiplin atau belum dan melihat kegiatan yang dilakukan dalam kondisi saat ini. Dengan kegiatan ini WBP akan merasa terpantau oleh petugas sehingga akan ada rasa sungkan untuk melakukan pelanggaran,” ujar Probo.

Sementara itu menurut Kepala Lapas Kelas IIB Singkawang Muhammad Yani, penggeledahan ini merupakan upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di bulan puasa. “Ini merupakan langkah awal bagi kami untuk melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Singkawang, saya lihat petugas juga berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan razia ini,”ucap Yani.

Dirinya menambahkan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas kelas IB Singkawang pada bulan Ramadhan, akan meningkatkan kewaspadaan petugas dan  melakukan penggeledahan minimal satu kali dalam satu minggu dan penggeledahan isidentil apabila terdapat info yang dapat menggangu keamanan dan ketertiban di Lapas Singkawang. “Selama bulan puasa Ini kita tetap menerima penitipan makanan yang bisa dilakukan pagi hari jam 9 sampai dengan jam 11 dan jam 14 sampai dengan 16. Makanan titipan juga akan di lakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas yang khusus memeriksa batang titipan,” jelas Yani.

Pemeriksaan makanan ini menurut Yani selalu dilakukan guna mencegah masuknya barang-barang terlarang kedalam Lapas Singkawang. Dalam razia yang dilakukan kali ini, masih ditemukannya barang barang yang dilarang didalam lapas, diantaranya alat komunikasi, benda-benda tajam, kabel, besi dan barang terlarang lainnya. Dengan kegiatan razia rutin diharapkan Lapas/Rutan di Kalimantan Barat bebas dari HP, pungli dan narkoba (Halinar)

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here