Petugas Pemasyarakatan Harus Dapat Beradaptasi Dengan Perubahan

0
99

(Vibizmedia – Nasional) Singkawang – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar Suprobowati beserta jajaran Tim Satuan Tugas Kemanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Divisi Pemasyarakatan, melaksanakan monitoring dan evaluasi pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singkawang, Rabu(21/21). Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dalam rangka meningkatkan kapasitas petugas Lapas Kelas IIB Singkawang dan Rupbasan Kelas II Singkawang, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sehari-hari.

Suprobowati mengatakan,para petugas harus siap dalam rangka membangun Zons Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). “Petugas harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini, apabila petugas tidak mampu mengikuti perkembangan zaman maka dia akan tergilas oleh zaman. Karena saat ini perkembangan zaman dan teknologi sangat cepat, jadi saya harapkan para petugas cukup profesional, artinya masing-masing petugas memahami tugas dan fungsinya”, ucap Suprobowati. Petugas harus bisa menciptakan inovasi-inovasi baru sekaligus merealisasikan tugas dan fungsi di lapangan.

“Bertepatan dengan hari ini merupakan Hari Kartini, kita bisa meneladani RA. Kartini jaman dulu sudah bisa menciptakan suatu perubahan, karena dirinya berkeinginan untuk terus belajar. Saya mengajak seluruh petugas untuk mencoba melihat situasi dimana sekarang kita sudah banyak kesempatan, banyak fasilitas, kita harus bergerak dan berubah menuju situasi yang menjadi tujuan organisasi. Tidak ada alasan kurangnya sarana dan prasarana. Sekarang semua bisa dilaksanakan dengan mudah dan cepat karena kemajuan teknologi,” ujar Suprobowati.

“Tubuh boleh terpasung,tapi jiwa dan pikiran harus terbang sebebas – bebasnya, petugas harus bisa berinovasi, berkreasi menciptakan sesuatu yang baik dan baru, agar masalah bisa kita selesaikan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan tujuan organisasi. Apabila petugas tidak beradaptasi dengan perkembangan zaman sama saja dia bunuh diri, untuk saat ini kita semua baik pejabat, JFT dan JFU untuk sama-sama bergerak menuju Pemasyarakatan Pasti Maju. Orang yang pintar dan sukses adalah orang yang bisa beradaptasi dengan perubahan,” tegas Probo.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas IIB Singkawang Muhammad Yani, menyambut baik penguatan yang diberikan kepada Petugas di Lapas Kelas IIB Singkawang. Dirinya berharap dapat meningkatkan kapasitas petugas Lapas. “Dalam kegiatan ini saya harap petugas Lapas Kelas IIB Singkawang dapat lebih baik lagi lagi, lebih pasti, dan profesional dalam melaksanakan tugasnya. Kekurangan – kekurangan di masa lalu dan saat ini akan kita perbaiki lagi ke depannya. Hal ini kita lakukan dalam rangka meraih predikat WBK dan WBBM,” ujar Yani.

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here