Antisipasi Gangguan Pelayanan Pada TPI Bandara Ngurah Rai

0
107

(Vibizmedia -Nasional ) Badung – Rabu (21/04) 2021 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Bali (Jamaruli Manihuruk) dengan didampingi Kepala Divisi Keimigrasian (Amrizal) dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai (Surya Mataram) beserta Kepala Bidang TPI Ngurah Rai (Andro Eka Putra) melaksanakan Audiensi dengan General Manager Kantor Cabang PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai –Bali (Herry A.Y, Sikado) bertempat di Ruang General Manager lt. 3 Gedung Wisti Sabha, Tuban, Kuta, Badung.

Audiensi ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan menindaklanjuti kejadian pemadaman listrik di Bandara Ngurah Rai pada akhir tahun 2019 dan bulan Juni 2020 yang mengakibatkan terganggunya pelayanan pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Ngurah Rai. Dalam Audiensi tersebut Kakanwil menyampaikan bahwa bantuan berupa 5 unit UPS yang sebelumnya telah diberikan oleh Angkasa Pura I, dari hasil uji coba yang telah dilakukan hanya dapat memback up daya selama 3 jam bila ada pemadaman listrik, oleh karenanya Beliau menyampaikan permohonan bantuan tambahan Uninterruptible Power Suplay (UPS) atau diberikan genset untuk mengatasi permasalahan tersebut. Terkait Hal tersebut pihak Angkasa Pura I menyampaikan bahwa kejadian akhir tahun 2019 diakibatkan karena adanya trouble pada kabel yang digigit tikus yang menyebabkan travo yang mengangkat daya bermasalah sehingga terjadi black out di area Bandara termasuk di TPI Bandara Ngurah Rai, untuk mengatasi masalah tersebut Telah dilakukan penggantian kabel dan travo sehingga tidak menyebabkan pemadaman di kemudian hari. Sementara itu untuk kejadian di bulan Juni 2020 disebabkan karena ada teknisi yang memakai daya listrik di area Imigrasi dengan daya yang cukup tinggi sehingga menyebabkan daya listrik konslet.

Terkait permasalah tersebut Angkasa Pura I telah membuat MoU dengan pihak Imigrasi sehingga kedepannya baik pihak Imigrasi dan Angkasa Pura mengetahui batasan-batasan tanggung jawab kelistrikan di TPI Bandara Ngurah Rai. Dan melaksanakan simulasi secara rutin setiap 3 bulan dengan pihak PLN, sehingga Pihak Angkasa Pura I menjamin kedepannya tidak akan terjadi pemadaman listrik karena untuk Imigrasi telah dipersiapkan Genset khusus untuk back up bila terjadi gangguan kelistrikan.

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here