Bintorwasdal Oleh Kakanwil Kumham Jabar (SUDJONGGO)

0
93

(Vibizmedia – Nasional) BANDUNG – Menginjak hari kesebelas Ramadhan 1442 H, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kumham Jabar) Sudjonggo melaksanakan Safari Ramadhan dengan meninjau pelayanan dan pengarahan penguatan Zona Integritas (ZI) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang, (Jumat, 23/04/2021).

Safari Ramadhan Kakanwil Kumham Jabar disambut Kepala Lapas (Kalapas) Lenggono Budi beserta jajaran pejabat struktural. Diawali dengan pemantauan lokasi pelayanan Lapas, Sudjonggo meninjau lingkungan lapas didampingi Lenggono Budi. Terlihat Kakanwil juga melakukan pemeriksaan pada sensor dinding pembatas Lapas. Monitoring yang dilaksanakan Kakanwil untuk memastikan situasi Lapas agar selalu kondusif.

Tak luput dari pemantauan, Sudjonggo melihat aktivitas pelayanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dapur Lapas. Termasuk dalam pengelolaan konsumsi WBP dari penyediaan buka puasa, sahur juga ekstra puding. Giat kontrol lingkungan lapas menindak lanjuti Surat Edaran (SE) Dirjenpas nomor: PAS-380.PK. 02.10.01 Tahun 2021 terkait pengendalian di lingkungan Lapas selama Ramadhan 1442 H.

Agenda selanjutnya dilanjutkan dengan pengarahan kepada jajaran pejabat struktural, seluruh personel dan petugas Lapas Karawang mengenai penguatan ZI. Dalam paparan yang disampaikan, Sudjonggo menegaskan perihal kualitas pelayanan terhadap masyarakat dan juga WBP. Tak luput dari sorotan, Sudjonggo berpesan mengenai kehumasan agar mampu memberikan kontribusi maksimal dalam menyampaikan informasi ke khalayak.

Penguatan yang diberikan Kakanwil, merupakan upaya dalam mewujudkan enam area perubahan ZI. Pentingnya penataan tata laksana sampai dengan pengawasan, harus menjadi perhatian khusus guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Untuk dapat mewujudkan itu semua, seluruh jajaran harus mampu merubah pola pikir dilayani, menjadi melayani. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan penting, dengan cara pemberdayaan (empowering) baik jasmani maupun rohani.

Jangan memproklamirkan instansi dalam upaya penilaian layanan yang telah diberikan, biarkan masyarakat yang menilai secara obyektif. Maka upaya yang mutlak dilakukan adalah memberikan pelayanan sebaik mungkin. Oleh karena itu, integritas dan konsistensi komitmen bersama dalam pelayanan prima, harus dibangun sampai level kesadaran, bukan karena hal lain.“, ujar Sudjonggo.

Lebih lanjut, dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif, Sudjonggo berpesan kepada jajaran agar membina hubungan baik dengan Aparat Penegak Hukum (APH). Melalui kesempatan yang pernah disampaikan Kakanwil dalam menindak lanjuti SE Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, pemantauan kepada narasumber religi harus diamati dengan seksama agar tidak terjadi penyampaian informasi yang intoleran.

Setelah agenda paparan dari Kakanwil, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing bersama. Dengan rangkaian giat safari Ramadhan ini, Kakanwil berupaya untuk memberikan reviu dan recharge pada Unit Pelayanan Teknis (UPT). Dengan konsistensi penguatan ZI yang dilaksanakan, diharapkan Lapas Kelas II A Karawang mampu meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here