BBCA dan BBRI Ikutan Garap Bank Digital

0
161

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Emiten perbankan kakap yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) tak mau ketinggalan masuk menggarap bank digital lewat anak usahanya. BCA akan ekspansi lewat Bank Digital BCA (eks PT Bank Royal Indonesia), sementara BRI lewat PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO).

Digital banking merupakan masa depan dari bisnis perbankan. Pasalnya masih ada 90 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki rekening.

Masuknya kedua bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan menjadi pertarungan super apps dan akan menjadi pertarungan yang sangat menarik. Apalagi perbankan ini ke depan akan berkolaborasi dengan ritel di sisi sektor digital dan banking

Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman menyatakan, anak usaha perseroan, Bank Digital BCA akan segera meluncur di tahun ini. Dia membeberkan, fokus segmen yang disasar Bank Digital BCA ini terutama dari generasi milenial.

“BCA digital akan launch awal tahun, tujuannya khusus melayani milenial. Banyak milenial kurang puas layanan Mobile BCA sudah bagus, tapi kurang spesifik milenial. Kami sajikan anak perusahaan BCA Digital bisa secara pas melayani kebutuhan nasabah,” kata Suwignyo, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (3/2/2021).

BCA adalah bank dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia ini sudah mengambil ancang-ancang sejak 2019 untuk masuk ke bank digital dengan mengakuisisi Bank Royal Indonesia. Bank Royal inilah yang kemudian berganti nama dan menjadi cikal bakal Bank Digital BCA.

Adapun BRI juga mempersiapkan Bank Agroniaga untuk menjadi bank digital. Mereka akan bersaing dengan bank digital lainnya yang sudah masuk yakni PT Bank Jago Tbk (AGRO), PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), PT Bank Harda International Tbk (BBHI), dan lainnya.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here