Desa Toure 2, Desa Penghasil Tomat dan Rempah di Sulut

0
502
Tomat dari Desa Toure 2, Desa Penghasil Tomat dan Rempah di Sulut (Foto: Wisye Lantang/ VM)

Nama Desa Toure 2, mungkin tak setenar tempat lainnya di Sulawesi Utara. Tetapi, soal pertaniannya, desa tersebut sangatlah berkontribusi di Sulawesi Utara.

Tomat di perkebunan tomat di Desa Toure 2, Sulut (Foto: Wisye Lantang/ VM)

Suatu pemandangan yang indah, akan terlihat di Desa Toure 2, Tompaso Lama, Minahasa. Desa nan cantik ini, terkenal dengan perkebunan rempah, tomat, cabe, dan beberapa sayuran yang tentunya akan disalurkan ke pasar di Manado.

Tomat yang masih hijau segar dari Desa Toure 2 di Sulut (Foto: Wisye Lantang/ VM)

Tomat yang tumbuh disana, tentunya terlihat sangat cantik. Tomat yang sudah bisa panen, dimasukkan ke dalam box, dan dijual dengan harga per box, sesuai dengan kondisi yang ada. Bila sedang musim panen raya, tomat tersebut bisa dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu harga per box hanya Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-. Sedangkan, jika yang panen sedang sedikit, harganya cenderung lebih mahal, yaitu per box dijual seharga Rp 200.000,- sampai dengan Rp 250.000,-.

Tomat yang sudah bisa panen, dimasukkan ke dalam box, dan dijual dengan harga per box, sesuai dengan kondisi yang ada (Foto: Wiesye Lantang/ VM)

Desa Toure 2, meskipun mungkin tak setenar tempat lainnya di Sulawesi Utara, tapi memberikan pengaruh terhadap kehidupan pedagang pasar di Manado, ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Hasil buminya, tentu sangat ditunggu baik oleh pedagang maupun pembeli di pasar yang berada di Manado. Desa Toure 2, desa yang menarik dengan hasil bumi melimpah di Sulawesi Utara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here