Kadivim Kalbar Dampingi Cornelis Tinjau Pembangunan PLBN Jagoi Babang

0
113

(Vibizmedia -Nasional) Jagoi Babang – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja masa reses anggota DPR RI Komisi II, Drs. Cornelis, MH ke wilayah perbatasan RI – Malaysia khususnya di Kalimantan Barat, Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja kembali turut mendampingi Cornelis yang kali ini mengunjungi PLB Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang pada Senin (26/4).

Pada kegiatan kali ini, diawali dengan pertemuan singkat di Kantor Bupati Bengkayang yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon, serta perwakilan dari stakeholder terkait diantaranya BNPP, Bea Cukai, PUPR, Balai Karantina serta Imigrasi yang dalam hal ini pihak Kanim Singkawang.

Pada pertemuan tersebut, Cornelis menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan kerjanya kali ini serta menyampaikan tupoksi terkait sebagai Anggota Komisi II DPR RI yang salah satunya adalah perbatasan. Diharapkan dalam kegiatan diberikan masukkan dan dapat dijadikan bahan rapat di DPR RI terkait kondisi perbatasan, bagaimana perkembangannya didalam situasi pandemi sekarang yang memberikan pengaruh sangat besar terhadap pengunjung di PLBN.

Kepala Sub Bidang Intelijen Keimigrasian, Budiatna yang juga turut serta dalam kegiatan ini mengatakan bahwa PLBN Jagoi Babang saat ini masih dalam tahap proses pembangunan, dan diharapkan setelah pembangunan ini rampung akan dapat mengakomodasi pelayanan di bidang keimigrasian, kepabeanan, karantina, keamanan, dan administrasi pengelolaan.

Setelah dari Kantor Bupati Bengkayang, rombongan melanjutkan perjalanan menuju PLBN Jagoi Babang yang sedang dalam proses pembangunan. Di lokasi pembangunan, Pihak PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) yang melakukan pembangunan PLBN Jagoi Babang menyampaikan bahwa progress saat ini sudah mencapai kurang lebih 8 % dan ditargetkan rampung pada semester pertama tahun 2022 mendatang.

Rombongan juga menyempatkan diri meninjau titik nol Jagoi Babang yang saat ini masih digunakan masyarakat sebagai pasar tradisional. Menurut masyarakat setempat, saat ini sudah dilakukan pembebasan lahan di area pasar tradisional tersebut, mereka masih berjualan dilokasi itu sementara menunggu relokasi di daerah PLBN Jagoi Babang yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Diakhir kunjungan, Cornelis kembali menyampaikan perihal pemerataan pembangunan di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia serta peran sebagai anggota komisi II DPR RI untuk memperhatikan dan melihat langsung perkembangan pembangunan di perbatasan  serta dampak wabah covid 19 bagi perbatasan. Cornelis juga menghimbau WNI yang akan pulang ke Indonesia untuk diperiksa kesehatannya yang menyangkut wabah Pandemi Covid-19, dimana sudah ada karantina bagi WNI yang masuk ke Indonesia yang melalui PLBN. (nar/ft : yong/haris/eth)

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here