Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Siap Bersinergi

0
95

(Vibizmedia -Nasional)

Landak-Setelah sebelumnya mengunjungi Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Landak, Kepala Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Devy Wijayanti, mengunjungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Jumat (30/04/2021).

Devy yang didampingi oleh fungsional umum Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual diterima oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Beda, di ruang kerjanya.

Mengawali pertemuan tersebut, Devy menuturkan bahwa beragam budaya yanga ada di Kabupaten Landak sangat rentan diakui oleh negara lain apabila tidak didaftarkan.

“Kita sudah sama-sama tahu bahwa di Landak ini khususnya masyarakat dayak, kaya akan khasanah kebudayaan. Kita harus daftarkan kebudayaan itu ke dalam Kekayaan Intelektual Komunal, khususnya Ekspeesi Budaya Tradisional,” kata Devy.

Devy menambahkan, apabila sudah terdaftar maka kebudayaan-kebudayaan ini akan mudah untuk menjaganya.

“Jangan sampai nanti setelah diklaim oleh negara lain, baru kita sadar betapa pentingnya menjaga warisan kebudayaan melalui Hak Kekayaan Intelektual,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Beda mengaku bahwa saat ini pihaknya memang sedang gencar-gencarnya menginventarisir apa saja yang berpotensi untuk kita daftarkan.

“Saat ini kami ada 5 macam kebudayaan yang akan coba kita daftarkan. Diantaranya ada Tarian Donggan, Nyangahak (ritual adat), Tumpang Negeri, Naik Dango dan Upacara Adat Pengantin Dayak Kanayatn,” ucap Beda.

Beda menambahkan, masalah dalam penelitian adalah kendala yang dihadapi pihaknya saat ini.

Adapun untuk kendala-kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Landak, Devy bersama tim akan membuka diri apabila ingin berdiskusi dan mencarikan solusinya.

“Tentunya dengan sinergitas yang kita bangun, maka akan kita pecahkan bersama kendala yang dihadapi,” tuturnya.

Pada kesempatan ini Kepala Bidang Kebudayaan, Beda, mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja dan koordinasi Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Kalbar.

“Kami merasa senang dan saya ucapkan terima kasih kepada Ibu dan tim yang sudah bersedia jauh-jauh datang kemari untuk menjalin kerja sama dengan kami, ” kata Beda mengakhiri pertemuan tersebut

Devy juga mengharapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak dapat segera menginventarisasi potensi Kekayaan Intelektual baik personal maupun komunal. Hal ini bertujuan memudahkan kita dalam mendorong pendaftaran. (Humas)

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here