Kadiv Keimigrasian menghadiri Rapat Koordinasi Konsultasi Usulan Perubahan Border Crossing Agreement Indonesia – Philippina 1975

0
178

(Vibizmedia – Nasional)Jakarta (29 April 2021) – Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus melakukan kunjungan konsultasi ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham R.I, dan diterima langsung oleh Direktur Kerjasama Keimigrasian, Agus Wijaya.

Maksud kunjungan konsultasi KadivIM tersebut adalah untuk menyampaikan usulan negosiasi ulang perjanjian bilateral Republik Indonesia – Philippina yang dibuat dan ditandatangani pada tahun 1975. Menurut KadivIM perubahan tersebut sudah mendesak dilakukan dengan alasan utama yaitu beberapa substansi perjanjian sudah tidak sesuai lagi dgn UU no.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Hal lain yang disampaikan adalah adanya kerawanan perlintasan di Pos Lintas Batas (PLB) Marore dan Miangas sebagai kawasan pulau terluar yang berbatasan laut dengan Pilippina. Kurangnya sarana prasarana di PLB itu hendaknya menjadi prioritas karena potensi kerawanan lalu lintas kejahatan lintas negara seperti tetorisme, perdagangan orang, perdagangan senjata ilegal.

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here