Kanwil Sulteng Ikuti Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57

0
122

(Vibizmedia – Nasional) PALU – Selasa (27/04/2021), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Lilik Sujandi, didampingi para Kepala Divisi Kantor Wilayah dan Pejabat Struktural pada Divisi Pemasyarakatan mengikuti Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 Tahun 2021 secara virtual bertempat di aula Kasiromu, sedangkan untuk jajaran UPT Pemasyarakatan se-Sulawesi Tengah mengikuti upacara secara virtual dari tempat masing-masing.

Kegiatan ini diadakan di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Moh. Mahfud MD, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, menggelorakan semangat “Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan PASTI Maju” yang menjadi tema dalam peringatan HBP tahun ini.

Mahfud MD dalam sambutannya menyampaikan institusi Pemasyarakatan adalah sebuah simbol dari upaya pendobrakan warisan kolonial, yang tidak mencerminkan ideologi Pancasila. Lembaga Pemasyarakatan dituntut untuk mampu mengubah karakter kepribadian pelanggar hukum menjadi lebih baik.

“Pemasyarakatan kita yakini bersama sebagai sebuah tools Nation building dan character building sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden Soekarno pada Konferensi Lembang tahun 1964. Ini adalah semangat yang mengandung makna bahwa Pemasyarakatan dituntut untuk mampu membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan tersebut.

Selain itu, Mahfud memaparkan kebijakan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yang masih menjadi bagian dari semangat adaptasi dan akselerasi Pemasyarakatan. Antara lain adaptasi dan akselerasi dalam penanganan gangguan keamanan serta peredaran gelap narkotika, upaya deteksi dini, pemberantasan peredaran narkoba dan sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum.

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here