Rapat Pemantapan Akhir Raperda Kota Pangkalpinang Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang

0
123

(Vibizmedia – Nasional) PANGKALPINANG (07/05/2021) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung yang dalam hal ini di wakili oleh Irkham, S. H. I., M. H. I. dan Beni Saputra, S. H., M. H. (JFT Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Muda) menghadiri rapat pemantapan akhir Raperda Kota Pangkalpinang tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, bertempat di Galeri Pusat Informasi Wisata Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang yang juga dihadiri oleh stakeholder terkait antara lain dari Bappeda & Litbang Kota Pangkalpinang serta Bagian Hukum Setda Kota Pangkalpinang.

Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang (Agung Yubi Utaa), yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa draf Raperda tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif sudah diharmonisasikan di Kanwil Kemenkumham Babel beberapa waktu yang lalu, yang mana hal tersebut berdasarkan Pasal 5 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2015 tentang Keikutsertaan Perancang Peraturan Perundang-undangan dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaanya, ditentukan bahwa “Lembaga Negara, Kementerian, Lembaga Pemerintah non-Kementerian, Lembaga non-Struktural, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota mengikutsertakan Perancang dalam setiap tahap Pembentukan Peraturan Perundang-undangan”.

“Selain dari pada itu, ekomoni kreatif sendiri ingin dikembangkan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Pariwisata terutama perlindungan investasi. Draf raperda tersebut diharapkan agar dapar segera disahkan agar dapat segera dilaksanakan”, pungkas beliau.

Dalam rapat tersebut pimpinan rapat (Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata) memberikan kesempatan kepada para peserta rapat untuk memberikan pandangan sebagai bahan Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang dalam menghadapi pembahasan raperda dengan DPRD Kota Pangkalpinang dalam waktu dekat, yang antara lainnya dari Kantor Wilayah yang menyampaikan masukan secara umum sebagai berikut:

  • Isu ekonomi kreatif diharapkan dapat menjadi roda penggerak perekonomian diera pandemi dan kedepannya sehingga dapat menjadi alternatif lain bagi masyarakat dan para pelaku UMKM mengembangkan usahanya;
  • Disamping itu juga Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang sedang membuat Raperda tentang Tata Kelola Pariwisata yang juga melibatkan tenaga perancang Kanwil Babel, sehingga diharapakan 2 (dua) hal tersebut menjadi ujung tombak penggerak perekonomian, ekonomi kreatif serta pariwisata di Kota Pangkalpinang;
  • Terkait pembahasan raperda di DPRD Kota Pangkalpinang mendatang, Perancang Kanwil Babel siap membantu Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang untuk mendorong percepatan pengesahan raperda tersebut.

Pada akhir rapat, pimpinan rapat menyampaikan kepada para peserta rapat yang hadir agar dapat membantu terkait aturan teknik pelaksanaan raperda tersebut, sehingga terciptanya perda ekonomi kreatif yang dapat diimplementasikan dan berkualitas.

Sumber : Humas Kemenkumham RI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here