Tanggapi WNA Yang Masuk Riau, Kanwil Kemenkumham Riau Adakan Pers Rilis

0
137

(Vibizmedia -Nasional) Pekanbaru – Menanggapi kabar dan pemberitaan terkait adanya Warga Negara Asing (WNA) yang memasuki Indonesia melalui Provinsi Riau sebagai wisatawan, Kanwil Kemenkumham Riau langsung melaksanakan klarifikasi dengan mengadakan pers rilis, Kamis (6/5). Sebelumnya tersiar kabar bahwa terdapat 12 wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II dan Pelabuhan Dumai.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, menegaskan selama pandemi Covid-19 tidak ada wisman yang diperbolehkan masuk ke Riau. Pujo menjelaskan juga bahwa data yang menyebutkan adanya 12 wisman masuk Riau pada Maret lalu keliru. “Mereka itu bukan wisatawan. Mereka itu kru kapal yang sandar di Dumai. Jadi tak ada wisman masuk ke Riau sejak Covid-19,” sebut Pujo. Kapal ART Progress adalah kapal tanker yang mengangkut minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) dari Dumai ke India. Kapal tanker ini tiba di Pelabuhan Dumai pada tanggal 27 April 2021 lalu, tambah Kakanwil menjelaskan.

Selain empat kru kapal, Kakanwil menyebutkan memang ada delapan WNA lagi yang datang melalui Bandara SSK II Pekanbaru. Namun delapan orang itu adalah pekerja asing di salah satu perusahaan di Riau. Menurut Pujo, pekerja asing dengan wisman itu berbeda. “Untuk di Bandara SSK II itu juga sama, itu pekerja asing di salah satu perusahaan di Riau. Mereka itu charter flight karena ada pekerjaan, jadi beda WNA datang bekerja dengan wisman. Wisman belum diizinkan masuk,” katanya.

Sementara itu, Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau, M. Tito Andrianto, menjelaskan bahwa semua WNA masuk ke Indonesia tidak seluruhnya untuk berwisata, tetapi ada juga dalam rangka pekerjaan. “Kabar yang beredar itu keliru. Dikira orang asing masuk itu adalah wisman, padahal bukan. Jadi sudah kami klarifikasi lagi ke Badan Pusat Statistik (BPS) Riau kemarin, saya temui langsung Kepala BPS Riau dan ternyata mereka juga dapat dari Pariwisata,” kata Tito.

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here