Angkutan Logistik Domestik dan Internasional Melalui Tol Laut Meningkat

0
112
Tol Laut (Foto: Kemkominfo)

(Vibizmedia – Economy & Business)  Pergerakan angkutan logistic melalui program tol laut mengalami peningkatan yang cukup tinggi selama satu bulan terakhir, yaitu sekitar 70 persen.

“Tidak hanya angkutan tol laut menuju Indonesia Timur saja yang mengalami kenaikan, tingkat keterisian angkutan balik dari Indonesia Timur menuju Indonesia Barat yang selama ini belum optimal, mengalami kenaikan hingga 30 persen,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (12/5/2021).

Menhub mengungkapkan, kenaikan angkutan logistik melalui sektor laut juga terjadi untuk angkutan logistik internasional. Ia menyebut angkutan logistik laut internasional naik 6 persen dibandingkan awal 2020 atau sebelum pandemi COVID-19.

“Kita tahu bahwa angkutan logistik ini sangat penting untuk memberikan suatu ruang bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik,” ungkap Menhub.

Pemerintah dalam hal ini Kemenhub terus berkomitmen untuk mendorong peningkatan angkutan logistik di nusantara. Salah satunya dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat dan stakeholder terkait akses layanan tol laut.

Terkait hal ini, Kemenhub telah meluncurkan aplikasi SITOLAUT (Sistem Informasi Tol Laut). SITOLAUT merupakan sebuah inovasi pemanfaatan teknologi informasi yang diharapkan semakin mengoptimalkan program tol laut, karena melalui aplikasi, layanan tol laut tersebut bisa diakses darimana saja dan waktu kapan saja.

Aplikasi SITOLAUT dapat mengubah proses layanan bongkar muat barang tol laut yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi online.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here