Kakanwil Beserta Kadivpas Kemenkumham Kalsel Berikan Penguatan Bagi UPT Pemasyarakatan

0
285

(Vibizmedia – Nasional) Banjarmasin, Humas_Info – Jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah beserta Sri Yuwono selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel memberikan penguatan bagi seluruh UPT Pemasyarakatan untuk memastikan pengamanan dan pelayanan berjalan dengan baik. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui media video conference bertempat di Ruang Rapat Kakanwil pada hari Selasa, (11/5/21) ini diikuti oleh seluruh UPT Pemasyarakatan mulai dari Rutan, Lapas, dan Bapas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Tejo Harwanto, selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan membuka kegiatan pengarahan dengan mrmberikan arahan dan menghimbau kepada seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban saat libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

“Setiap tahunnya libur Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momentum dimana kita harus semakin meningkatkan pelayanan dan pengawasan agar tidak terjadi gangguan Kamtib di UPT Pemasyarakatan. Dengan melakukan deteksi dini gangguan Kamtib dan memastikan dapat mengakomodir layanan bagi WBP selama momentum hari raya menjadi kewajiban bagi seluruh jajaran,” ucap Tejo.

Meskipun saat ini tidak dapat dilakukan kunjungan secara langsung ke Rutan dan Lapas, namun pelayanan kunjugan virtual melalui video conference serta layanan penitipan barang bagi warga binaan pemasyarakatan menjadi salah satu fokus utama jelang libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Senada dengan hal tersebut, Sri Yuwono selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan menyampaikan pengarahan teknis bagi seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan, mulai dari kesiapan personil, pemeriksaan dan kesiapan sarana prasarana untuk dapat memaksimalkan pelayanan di hari raya.

“Kita harus pastikan seluruh hak WBP dapat kita penuhi, kita memberikan kenyamanan bagi WBP, memastikan sarana prasarana kunjungan virtual berjalan dengan baik, juga memastikan seluruh barang titipan bagi WBP diperiksa agar tidak terdapat barang-barang yang dilarang untuk masuk kedalam RUTAN maupun LAPAS,” ujar Sri Yuwono.

Terakhir, yang menjadi perhatian bersama adalah meningkatkan sinergitas antara sesama Aparat Penegak Hukum dalam hal ini khususnya Kepolisian dan pihak-pihak lainnya untuk memastikan terciptanya situasi yang kondusif, aman serta terkendali baik di Rutan maupun Lapas pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Muhamad Susanni selaku Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Barang Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Sudirman Jaya selaku Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi, Ramli selaku Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Suryanto selaku Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Purwantoro selaku Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak, Sakerani selaku Kepala Sub Bidang Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara dan Keamanan, serta JFU Divisi Pemasyarkatan Kanwil Kemenkumham Kalsel. (Humas Kanwil Kalsel, teks: Joel, foto: Iwan, ed : Eko).

Sumber : Humas Kemenkumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here