Kepala Divisi Pemasyarakatan Apresiasi Pelayanan Petugas di Hari Raya Idul Fitri

0
184

(Vibizmedia – Nasional) Pontianak – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Suprobowati, mengapresiasi pelayanan yang diberikan petugas Pemasyarakatan pada jajarannya saat melayani keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada momen hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal ini disampaikannya saat melakukan pemantauan pelayanan besukan online dan penitipan barang di LPKA Kelas II Sungai Raya, Jumat(14/05).

Setelah sebelumnya melakukan pengawasan pelayanan saat hari Raya Idul Fitri di Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak, Lapas Kelas IIA Pontianak dan Rutan kelas IIA Pontianak bersama Kepala Kantor Wilayah, kali ini Kepala Divisi Pemasyarakatan melakukan pemantauan proses pelayanan penitipan barang / makanan dan besukan online di LPKA Kelas II Sungai Raya.

Suprobowati mengatakan, pelayanan besukan idul fitri karna masih dalam masa pandemi tidak bisa dilakukan secara langsung/tatap muka, sehingga pihak Lapas, Rutan dan LPKA menyediakan layanan kunjungan online dengan video call.

“Kami lakukan pemantauan dari hari pertama Lebaran di Lapas Perempuan, Lapas Kelas IIA Pontianak, Rutan Pontianak dan hari ini di LPKA untuk memastikan apakah pelayanan kunjungan online ini di laksanakan dengan baik.

Kami menekankan pada petugas untuk memberikan hak-hak WBP sesuai dengan ketentuan, termasuklah kunjungan online,” ujar Probo.

Dalam rangka Idul Fitri layanan kunjungan online sudah difasilitasi dengan cukup bagus, akan tetapi keterbatasan sarana dan prasarana yang ada sehingga belum maksimal.

Dengan sarpras yang ada saat ini, pelayanan video call masih terpenuhi dengan baik, seperti kemarin di Lapas Perempuan antriannya tidak terlalu panjang artinya WBP yang mau video call masih terpenuhi, lanjut Suprobowati.

“Selain pelayanan kunjungan online dangan video call, layanan penitipan barang juga sudah berjalan dengan baik, pada intinya petugas di Lapas, Rutan dan LPKA telah mencoba semaksimal mungkin memfasilitasi WBP ataupun keluarga yang ingin menitipkan barang dan juga melakukan video call,” ucap Probo.

Disinggung terkait kapan layanan kunjungan secara langsung bisa dilaksanakan, Kepala Divisi Pemasyarakatan belum dapat memastikannya, melihat kondisi pandemi covid-19 saat ini yang belum tau kapan akan berakhir.

“Kami paham sangat besar keinginan keluarga bersilaturahmi langsung dengan WBP yang sedang menjalani masa pidana di dalam Lapas, Rutan dan LPKA. Akan tetapi mengingat kondisi saat ini yang belum normal kunjungan secara langsung belum bisa kami pastikan kapan bisa dilakukan. Paling tidak kita menunggu kondisi pandemik covid ini berakhir,” jelas Suprobowati.

Dengan kondisi saat ini, dirinya berharap petugas pemasyarakatan di Kalimantan Barat tetap memberikan pelayanan terbaik bagi WBP dan juga masyarakat, jangan hanya di hari raya saja, ini merupakan tugas pokok petugas pemasyarakatan.

“Peningkatan kewaspadaan dan pelayanan pada saat Idul Fitri memang kita tingkatkan, mengingat kondisi seperti ini banyak WBP ingin sekali bertemu dengan keluarga dan juga sebaliknya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan maka perlu adanya peningkatan kewaspadaan. Saya berharap kedepan harus tetap wapada dan memberikan pelayanan terbaik”,tegas Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Suprobowati juga memberikan apresiasi pada para petugas yang memberikan pelayanan di hari Raya Idul Fitri ini.

“Yang jelas kami sangat mengapresiasi seluruh jajaran Pemasyarakatan di Kalbar, mereka seluruhnya tidak ada yang cuti, tidak ada yang meninggalkan tempat.

Mereka kerjanya bukan hanya hari biasa tapi hari libur tetap memberikan pelayanan pada masyarakatan dan WBP, ini merupakan disiplin yang cukup tinggi.

Saya minta terus pertahankan kinerja seperti ini, tetap semangat, jaga integritas, dan tetap lakukan deteksi dini gangguan keamanan,” pungkasnya.

Sumber : Humas Kmenekumham RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here