Beragam Species Anggrek Vanda, Cantik Menawan

0
92
Salah satu species Anggrek Vanda, cantik menawan (Foto: Vera Herlina / VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Siapa menyangka bahwa hutan Indonesia menjadi gudang species Anggrek Vanda yang indah? Anggrek Vanda yang sebenarnya memang merupakan anggrek hutan ini berjumlah sekitar 40 species di seluruh dunia. Dan tahukah Anda 20 species dari 40 ini tersebar di hutan-hutan Indonesia mulai dari Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku dan Papua. Habitat aslinya tumbuh di atas tanah (terestrial) dan ada pula yang hidup menempel pada batang-batang pohon sebagai tanaman epifit.

Anggrek Vanda warna dominan ungu, cantik menawan (Foto: Vera Herlina/ VM)

Namun demikian, species yang banyak dijual khususnya di Ragunan atau Taman Mini Indonesia Indah kebanyakan adalah yang berasal dari Thailand. Warnanya beragam dan bentuknya pun bermacam-macam. Anggrek Vanda yang aslinya berwarna ungu ini kini sudah merupakan hasil persilangan dari beberapa species aslinya. Asia Timur hingga Australia memang menjadi negara asal Anggrek Vanda ini dan paling berkembang pesilangannya di Thailand.

Anggrek Vanda orange, hasil persilangan dari beberapa species asli (Foto: Vera Herlina / VM)

Anggrek Vanda sangat mudah dikenali karena bentuknya tidak sama dengan anggrek-anggrek lainnya. Terutama daun, akar dan kelopak bunganya. Habitat aslinya tumbuh di atas tanah (terestrial) dan ada pula yang hidup menempel pada batang-batang pohon sebagai tanaman epifit. Sehingga jika Anda mencarinya di toko anggrek dapat dipilih apakah mau yang tumbuh menggantung, tumbuh di tanah atau pot?

Anggrek Vanda ungu dengan daun tersusun rapi, cantik menawan (Foto: Vera Herlina/ VM)

Namun ciri Anggrek Vanda mudah dikenali yaitu daun yang bersusun rapih di kanan dan di kiri menyerupai sirip dengan tinggi batang bisa mencapai 1 meter dan tumbuh terus keatas. Sedangkan bunganya ada berbagai ukuran dengan beragam corak dan warna dan jarang berbunga. Akarnya pun dapat memanjang hingga 2 meter panjangnya.

Vanda yang unik dan menawan hati para pecinta Anggrek ini sangat menggoda untuk dikoleksi. Apakah Anda berminat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here