Kakanwil Optimalkan Peran Humas dan Protokol Kantor Wilayah

0
91

(Vibizmedia – Nasional) HUMAS, Palembang – Dalam rangka memberikan penguatan tugas dan fungsi humas dan protokoler di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Indro Purwoko memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran kehumasan Kantor Wilayah, Selasa (18/5).

Dalam arahannya tersebut, Kakanwil menyampaikan bahwa Humas sebagai corong terdepan dalam membentuk citra  positif masyarakat dituntut untuk kreatif, inovatif dan peka terhadap situasi dan kondisi di lingkungan Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Sumatera Selatan. “Seseorang yang bekerja menjadi humas harus memiliki passion di dalamnya. Jadi bukan hanya jobdesk semata, tapi juga harus ada passion serta paham dan ingin belajar tentang humas secara overall,” ujar Indro.

Peningkatan fungsi humas juga meliputi publikasi kegiatan yang menarik, penulisan judul yang kreatif dan berbeda, sehingga mampu membuat pembaca menjadi penasaran untuk mengkik dan membaca berita tersebut. “Seperti media online yang membuat judul bombastis sehingga memancing pembaca, maka humas harus mampu memiliki kapasitas tersebut. Juga mengenai kecepatan publikasi, jika ada pimpinan yang sedang monitoring di daerah, maka tim humas yang menangani berita sudah standby di tempat terpisah,” lanjutnya.

Selain itu, Kakanwil yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setjen Kementerian Hukum dan HAM RI ini juga menyampaikan mengenai teknis keprotokoleran. “Dua tahun lebih memimpin bagian protokoler di Biro Umum, saya jadi ingin berbagi mengenai etika keprotokoleran dengan teman-teman humas dan protokol kanwil. Keberadaan protokol sangat dibutuhkan pada berbagai kegiatan resmi, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi dan penerimaan tamu ataupun acara perjamuan. Peran protokol bisa dikatakan sebagai tonggak keberhasilan suatu acara yang tengah dilaksanakan. Makanya, selalu belajar dan belajar agar teman-teman semua bisa menjadi SDM Humas dan Protokol handal,” tutup Indro.

Sumber : Humas Kanwil Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here