Melalui Implementasi Corpu, Kakanwil Harapkan Peningkatan Kapasitas SDM

0
83

(Vibizmedia -Nasional) HUMAS, Palembang – Kemenkumham Corporate University (CorpU) merupakan strategi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pencapaian tujuan suatu organisasi melalui pembelajaran yang dapat mendorong dalam peningkatan kompetensi pegawai. Dengan menerapkan strategi yang sama, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan menggelar Sosialisasi Bidang Imigrasi Melalui Implementasi Corporate University, Kamis (25/2).

Kegiatan sosialisasi Corpu ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Kepala Divisi Keimigrasian, seluruh Pejabat Administrator dan Pengawas, serta seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel dan UPT yang hadir secara langsung maupun virtual.

Saat membuka kegiatan, Kepala Kantor Wilayah (Indro Purwoko) menyampaikan bahwa seluruh pihak, terutama yang berada dalam lingkup instansi Kemenkumham, berhak mendapat kompetensi melalui implementasi Corpu.

“Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Bidang Imigrasi Melalui Implementasi Corporate University, diharapkan ada peningkatan kapasitas SDM. Implementasinya tidak harus pendidikan klasikal, e-learning, tetapi bisa juga dengan praktik di lapangan,” tutur Indro.

Ia juga berharap sosialisasi ini dapat menambah wawasan, pengalaman, pengetahuan, khususnya tentang tugas dan fungsi Imigrasi. “Apalagi di tengah fenomena pandemi yang mengemuka belakangan ini, memiliki tantangan yang erat dengan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM, khususnya fungsi keimigrasian; sebagai fungsi pelayanan Keimigrasian, penegakan hukum Keimigrasian,  keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Kepala Divisi Keimigrasian (Herdaus) juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tusi pelayanan keimigrasian tidak hanya terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) tetapi juga kepada Warga Negara Asing (WNA), demikian juga dengan fungsi pengawasan.

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari dua bidang pada Divisi Keimigrasian, yaitu Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Junior Manerep Sigalingging) dan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Syafrizal) yang masing-masing menyampaikan tugas dan fungsinya.

Sumber : Humas Kumham Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here