Pengenalan Aplikasi SIPKUMHAM Oleh Bidang HAM Kalbar

0
143

(Vibizmedia – Nasional) Singkawang – Kamis (20/05) Kepala Bidang HAM KAntor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Muh. As’ad, didampingi Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian, Pengembangan Hukum dan HAM, Sondang Berliana, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Kristiana M. Samosir, serta JFT dan JFU Kantor Wilayah, melaksanakan kunjungan dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Survei IPK-IKM serta pengenalan Aplikasi SIPKUMHAM Balitbangham di UPT Kota Singkawang.

Kunjungan pertama Tim Kanwil Kalbar mengunjungi Lapas Kelas IIB Singkawang, dan diterima oleh Plh. Kalapas Singkawang, Ares Dwi Supriyadi yang didampingi operator IPK-IKM, Sidik. Tim Kanwil memberikan paparan dan penjelasan mengenai kunjungan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai permasalahan apa saja yang ada di Lapas Singkawang yang berpengaruh dalam pelaksanaan Survei IPK-IKM.

Survei IPK/IKM memanfaatkan aplikasi 3AS yang diluncurkan oleh Balitbang Hukum dan HAM. Sebelumnya, survei IPK dan IKM dilakukan secara manual oleh para peneliti Balitbang. Kini, survei IPK dan IKM dilakukan berbasis aplikasi agar lebih cepat, murah, mudah dan menjangkau lebih banyak UPT. Balitbangkumham berusaha membantu meningkatkan pelayanan publik di kemenkumham melalui Survei IKM-IPK dimana awalnya survei ini bertujuan untuk mengukur Satuan Kerja yang berpotensi dapat diusulkan ke Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian selanjutnya berfokus menjadi peningkatan kualitas pelayanan publik karena hasil survei dapat dijadikan evidence based dalam melakukan prioritas perbaikan dan peningkatan layanan.

Setelah melaksanakan kunjungan ke Lapas Singkawang, Tim Kantor Wilayah melanjutkan kunjungan kerja ke Kanim Kelas II TPI Singkawang, yang disambut oleh Kepala Kanim SIngkawang, Tessar Bayu Setyaji, yang didampingi para Pejabat Struktural dan operator IPK-IKM. Tujuan terakhir kunjungan kerja Tim Kanwil Kalbar adalah Rupbasan Kelas II Singkawang. Kepala Rupbasan Singkawang, Dosen Sinaga, dengan didampingi Pejabat Struktural dan pegawai Rupbasan menyambut kedatangan Tim Kanwil. Pada ketiga UPT di Kota Singkawang, Tim Kanwil Kalbar juga mengenalkan Aplikasi SIPKUMHAM Balitbangham.

Aplikasi SIPKUMHAM (Sistem Informasi Penelitian Hukum dan Hak Asasi Manusia) merupakan salah satu terobosan digital yang dilakukan Balitbangkumham untuk mendukung perlindungan hukum dan pemajuan HAM. SIPKUMHAM bekerja dengan teknologi artificial intellegence dan crawling data. Dengan teknologi ini, aplikasi dapat menjaring ribuan data hukum, HAM dan layanan publik yang terpublikasikan di media online dan media sosial secara realtime. Tidak berhenti disitu, SIPKUMHAM juga mampu mengklasifikasikan berita tersebut dalam isu permasalahan hukum, HAM dan layanan publik.

Database permasalahan hukum dan HAM yang dikumpulkan tidak hanya dimanfaatkan oleh peneliti Balitbangkumham. Database tersebut juga digunakan oleh pegawai di Kantor Wilayah untuk memperoleh informasi terkait situasi hukum, HAM dan layanan publik yang terkini. Lewat data SIPKUMHAM, peneliti dan Kantor Wilayah dapat menyusun rekomendasi kebijakan dengan mengacu data situasi hukum dan HAM secara realtime.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here