Alternatif Media Pot Tanaman Hias

1
102
Alternatif Media Pot Tanaman (Foto: Vera Herlina/ VM)

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hobby) Mempercantik rumah dengan tanaman? Mengapa tidak? Bertanam dan bertaman menjadi suatu hobby yang menyenangkan di masa pandemi. Tidak masalah apakah Anda memiliki tanah ataupun tidak memiliki tanah, sebab pot dapat menjadi solusi dan media tanaman bisa bermacam-macam.

Pot tanaman hias di meja tamu (Foto: Vera Herlina/ VM)

Pot juga dapat diletakkan dimana saja misalnya di meja tamu, di meja makan, di kamar mandi, di ruang belajar dan sebagainya. Pot pun bs beragam bentuk dan bisa dibuat dari kreatifitas Anda. Misalnya botol eks selai yang ditutup dengan kain rami, botol aqua yang diberi warna cat dan sebagainya. Bila Anda adalah pemula mulailah dengan tanaman yang mudah tumbuh dan tidak perlu banyak perawatan.

Alternatif media tanaman selain tanah adalah:
1. Air
2. Hidroton, terbuat dari tanah liat yang dikeringkan yang juga mampu menyerap air tanpa menjadi hancur.
3. Hidrogel, sesuai dengan namanya berupa jelly berbentuk bulat yang mampu menyerap air. Namun semakin lama akan semakin menyusut dan perlu
4. Media tanam hidroponik. Saat ini banyak dijual media tanam hidroponik langsung jadi yang siap ditanam dengan mudahnya.

Pot gantung sederhana namun cantik dan unik (Foto: Vera Herlina/ VM)

Banyak sekali tanaman yang dapat tumbuh di dua media: air dan tanah. Contohnya adalah: red lipstick, brekele, sirih gading, dan masih banyak lagi. Jika Anda ragu, Anda dapat memotong batang tanaman dan mencobanya apakah tumbuh di air. Tanaman yang dapat tumbuh di air biasanya juga dapat tumbuh dengan media hidroton atau hidrogel.

Selamat mencoba!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here