Hidup Sehat Dengan Bersepeda

0
104
Bersepeda di tengah kota Jakarta (Foto: Kemenperin)

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Pola hidup sehat tetap harus dijalankan meskipun di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya adalah berolahraga, hal ini harus dijadikan sebagai lifestyle karena banyaknya manfaat positif yang dihasilkan dari olahraga. Salah satu olahraga yang bisa dijadikan pilihan di masa pandemi ini adalah bersepeda. Dengan bersepeda dapat membiasakan diri menjalani gaya hidup yang sehat dan bersepeda juga bentuk olahraga yang simpel dan terjangkau bagi masyarakat umum.

Bersepeda, olahraga pilihan di masa pandemi (Foto Courtesy oon Nusihono)

Berikut ini manfaat dari bersepeda :

  1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi menyimpulkan ketika bersepeda, aliran darah di otak bisa meningkat antara 28-70%. Sehingga membuat otak lebih terlatih kemampuannya. Meningkatnya kemampuan otak dapat mengurangi risiko terkena pikun atau demensia. Sebaiknya rutin bersepeda empat kali dalam seminggu dengan durasi waktu sekitar 45-60 menit.

  1. Membantu Untuk Mengurangi Stres

Bersepeda juga tidak hanya dirasakan oleh fisik saja, tetapi mental juga. Dengan begitu bersepeda dapat mengurangi stres dan dapat terhindar dari gangguan depresi. DIsaat bersepeda maka hormon Endorfin (hormon bahagia) terproduksi terus, Sehingga perasaan senang dan bahagia akan timbul. Hanya dalam 10 menit bersepeda setiap hari bisa mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

  1. Mencegah Sulitnya Tidur (Insomnia)

Saat bersepeda maka otot akan dipaksa untuk bergerak sehingga dapat menimbulkan rasa lelah. Oleh karena itu, ketika tiba waktunya untuk istirahat maka tidur pun menjadi lebih gampang. Tidur yang nyenyak dan cukup juga menjadi salah satu faktor kesehatan tubuh, karena metabolisme terjaga dengan baik dan imunitas tubuh lebih kuat serta kesehatan mental terjaga.

  1. Meminimalkan Risiko Penyakit Kronis

Bersepeda dapat menghindari berbagai ancaman penyakit katostropik, seperti jantung, stroke, dan diabetes. Aktivitas bersepeda bisa membuat aliran darah menjadi lancar, sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras. Risiko terkena penyakit kardiovaskular pun dapat diminimalkan. Bersepeda juga dapat membuat lemak tidak menumpuk di aliran darah, sehingga ini bisa meminimalkan risiko terkenanya serangan stroke maupun diabetes.

  1. Berat Badan Terkontrol

Sebuah studi menyatakan bersepeda selama 30 menit bisa menghancurkan 5 kilogram lemak dalam tubuh. Bukan hanya sekedar mengurangi lemak, namun juga melatih otot-otot lebih kuat dan mengencangkannya sehingga badan ideal yang diidamkan lebih cepat tercapai.

  1. Meningkatkan Keseimbangan, Kekuatan, dan Koordinasi Tubuh

Postur tubuh yang tegak selama bersepeda dapat membantu meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi tubuh. Keseimbangan yang meningkat dapat mencegah risiko jatuh dan patah tulang. Bersepeda dapat memberikan tekanan sedikit kepada persendian, sehingga bersepeda juga merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoarthritis.

  1. Membuat Awet Muda

Bersepeda memiliki manfaat untuk mencegah penuaan hingga ke tingkat sel, mampu meningkatkan kapasitas dan fungsi mitokondria sehingga bisa membuat lebih awet muda.

Manfaat-manfaat dari bersepeda tersebut bisa diperoleh ketika kita melakukannya secara aman dan sesuai protokol kesehatan. Bagi pesepeda perlu adanya kesadaran dalam keselamatan terhadap potensi terpaparnya virus corona. Maka dari itu untuk bersepeda di masa pandemi ini harus memperhatikan :

  • Kondisi fisik sebelum bersepeda. Pastikan rem, ban, dan rantai sepeda dalam kondisi yang baik.
  • Mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan masker mulut. Gunakan masker yang dilengkapi dengan filter karbon aktif, sehingga akan melindungi kita dari partikel besar, debu, dan bau tidak sedap dari emisi gas buang kendaraan bermotor.

Bawa masker cadangan untuk mengganti masker yang basah karena keringat.

Jangan lupa bawa masker cadangan (Foto: Courtesy Oon Nusihono)

Tetap jaga jarak aman dengan pesepeda lainnya dan membawa hand-sanitizer dalam botol yang kecil.

  • Gunakan pakaian dan sepatu yang aman untuk bersepeda. Bahan reflektif dapat meningkatkan visibilitas dengan membantu mata dapat melihat objek lebih baik dalam kondisi cahaya redup saat disinari sumber cahaya lain.
  • Menggunakan helm sepeda, sarung tangan, serta bantalan siku dan lutut.
  • Pilih rute yang tidak terlalu ramai atau yang menyediakan jalur sepeda.
  • Pelajari dan mematuhi rambu lalu lintas saat berada di jalan raya.
  • Jangan lupa membawa identitas diri seperti KTP. Hal ini penting apabila tiba-tiba dalam kondisi medis tertentu.
  • Tetap mempertahankan energi dengan membawa cemilan dan sebotol air.

Bersepeda adalah cara yang baik untuk tetap sehat. Pastikan untuk bersepeda dengan aman dan imbangi juga dengan pola makan yang sehat untuk mendapatkan manfaat-manfaat baik dari bersepeda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here