Adakan Asistensi Perencanaan Pembentukan Peraturan Daerah

0
137

(Vibizmedia  – Nasional) PALU – Kamis (20/05/2021), Bidang Hukum Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan Asistensi Perancanaan Pembentukan Peraturan Daerah, bertempat di Aula Kasiromu, Lantai II, Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Hukum, I Putu Dharmayasa, seluruh staff Perancang Peraturan Perundang-Undangan, seluruh staff bidang hukum, serta 4 orang perwakilan dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Hukum, I Putu Dharmayasa, mewakili sambutan dari Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumhan Sulteng yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya Kepala Bidang Hukum membicarakan tentang pentingnya Program Legislasi Daerah (Prolegda) dalam menentukan skala prioritas legislasi daerah, namun di beberapa Kabupaten Provinsi Sulawesi Tengah secara ideal tidak sepenuhnya patuh terhadap apa yang telah diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan terkait, antara lain dalam hal penyusunan Prolegda yang belum ditetapkan dalam tahun berjalan. Oleh karena itu dibutuhkannya bantuan dari BPHN untuk mengadakan Prolegda pada beberapa Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang tidak memiliki Prolegda sama sekali, dikarenakan Prolegda adalah salah satu prioritas utama untuk kepentingan Rancangan Peraturan Daerah.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Program Legislasi Daerah (PLD), Indra, tentang bagaimana proses pengajuan pembinaan hukum kepada daerah yang dilakukan secara berjenjang, dimulai dari pengaduan kepada Kantor Wilayah, lalu diteruskan kepada Biro Hukum Pemerintah Daerah, kemudian diteruskan kepada BPHN.

Setelah selesai penyampaian materi dari Kepala PLD, kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi antara Kepala PLD dengan Perancang Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Sumber :  (Humas Kanwil Sulteng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here