Pendampingan Penerapan Manajeman Risiko di Kanwil Kemenkumham Riau

0
113

(Vibizmedia -Nasional) Pekanbaru – Manajemen Risiko adalah proses yang proaktif dan berkesinambungan atas kemungkinan kejadian yang mengancam pencapaian tujuan dan sasaran yang meliputi penetapan tujuan, identifikasi, analisis, evaluasi, penanganan, dan pemantuan risiko termasuk berbagai strategi yang dijalankan untuk mengelola Risiko dan potensinya.

Hari ini, Jum’at (21/5) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melaksanakan finalisasi pendampingan penerapan manajemen risiko dari tim Inspektorat Jenderal Kemenkumham yang kali ini terdiri dari Qolbin Salim Harahap, Chandra J. F Manalu, dan Agus Priyo A bertempat di Ruang Rapat Kakanwil. Pendampingan ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 5 Tahun 2018 tentang Manajemen Risiko. Pendampingan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai pada tanggal 18 sampai 22 Mei 2021.

Kepala Divisi Administrasi, Rudi Hartono, mengawali dengan memaparkan Manajemen Risiko yang ada pada Divisi Administrasi yang meliputii Penetapan tujuan risiko, Identifikasi Risiko, Analisis Risiko, Evaluasi Risiko, Penanganan Risiko dan Pemantauan Risiko. Setelah pemaparan Tim Itjen kemudian memberikan tanggapan dan masukan sehingga dokumen Manajamen Risiko Kanwil Kemenkumham Riau lebih baik. Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian dan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM juga memaparkan Manajemen Risiko yang ada pada Divisi masing-masing.

Penerapan Manajemen Risiko ini merupakan bagian dari pengawasan untuk menuju predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, mengharapkan dengan adanya kegiatan pendampingan penerapan Manajemen Risiko dari Tim Itjen ini dapat meminimalisir kemungkinan timbulnya risiko serta dampak risiko yang bisa menghambat pencapaian tujuan dan sasaran kinerja Kanwil Kemenkumham Riau. “Diharapkan dengan adanya pendampingan penerapan manajemen risiko dari Tim Itjen dapat menghantarkan Kanwil Kemenkumham Riau menuju predikat WBBM pada Tahun 2021 ini,” ujar Kakanwil.

Sumber : Humas Kanwil Riau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here