Studi Banding Lembaga Bantuan Hukum Bethel Indonesia Ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali

0
96

(Vibizmedia – Nasional) Denpasar – Jumat, 28 Mei 2021 bertempat di Ruang Nakula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali dilaksanakan Kegiatan Studi Banding Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bethel Indonesia Jakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Bidang Hukum, Kepala Sub Bidang Dokumentasi dan Informasi Hukum, JFU dan JFT Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Bali, dan Kepala Divisi Pelayanan Bantuan Hukum LBH Bethel Indonesia Jakarta beserta Jajarannya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Bali, beliau menyampaikan Terima Kasih kepada LBH Bethel Indonesia telah menyempatkan untuk Studi Banding ke Kanwil Kemenkumham Bali dan mempersilahkan kepada LBH Bethel Indonesia untuk berdiskusi tentang bantuan Hukum di Bali. Beliau juga menambahkan bahwa Kepala Divisi Pelayanan Hukum membuat Inovasi yang dinamakan Posyankumhamdes. Pembentukan Posyankumhamdes ini diawali dengan pembentukan kelompok kadarkum pada minimal 1 (satu) desa pada tiap kecamatan di seluruh Kabupaten/Kota di Bali. Posyankumhamdes saat ini berjumlah 246 yang tersebar disetiap Kecamatan/Desa seluruh Bali. Posyankumhamdes diharapkan bisa menyelesaikan 30 % (tiga puluh persen) permasalahan di kecamatan/desa.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Divisi Bantuan Hukum LBH Bethel Indonesia Jakarta juga menyampaikan Terima Kasih kepada Kanwil Kemenkumham Bali telah menerima kunjungan Studi Bandingnya. Beliau menambahkan, Kanwil Kemenkumham Bali adalah tempat kedua dalam rangkaian studi banding LBH Bethel Indonesia. Sebelumnya LBH Bethel Indonesia sudah melaksakan studi banding ke LBH Bali dan bertukar pikiran dengan Ketua LBH Bali tentang bagaimana mereka mengadvokasi masyarakat adat di Bali. Maksud dan tujuan kedatangan LBH Bethel Indonesia Jakarta adalah ingin bermitra dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali. LBH Bethel Indonesia akan mengadakan program paralegal untuk medico legal, karena di dunia kesehatan belum kuat dari segi aspek hukumnya. LBH Bethel Indonesia mengharapkan produk hukum yang dihasilkan pemerintah bisa diaplikasikan secara maksimal.

Sumber : Humas Kanwil Bali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here