Keindahan Bunga Celosia Cristata (Jengger Ayam)

0
130
(Photo: Indiah Dwi/VM)

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Keindahan bunga Celosia Cristata sangat mempesona. Tanaman ini sudah banyak mulai dibudidayakan menjadi tanaman hias karena mempunyai bentuk yang unik dan warna bunganya yang sangat menyolok. Kita dapat menyaksikan bunga yang satu ini menghiasi taman-taman atau halaman-halaman rumah sehingga lingkungan tersebut terlihat cantik, indah dan nyaman.

Bunga Jengger Ayam warna merah terlihat sangat menawan yang bunganya menyerupai daging merah yang biasa tumbuh di kepala ayam. Bunganya luar biasa unik dengan warnanya yang sangat indah.

(Photo: Indiah Dwi/VM)

Keindahannya inilah yang membuat banyak penggemar bunga sangat menyukai Bunga Jengger Ayam ini. Berikut ini adalah fakta seputar Bunga Jengger Ayam yang membuat kita semua semakin terpesona.

Bunga Celosia Cristata ( bunga jengger ayam) ini masih satu family Amaranthaceae atau bayam-bayaman. Tanaman Celosia di Indonesia mempunyai aneka nama panggilan. Misalnya, orang Jawa menyebutnya bunga Jengger Ayam, Jawer Kotok (Sunda), Bayam Biludu (Sumatera).

(Photo: Indiah Dwi/VM)

Bunga Jengger ayam ini cukup banyak di tanam di halaman rumah dalam jumlah yang cukup banyak. Mereka terhampar dan menyebar karena bunga ini berkembang biak dibantu oleh hembusan angin yang menerbangkan bijinya pada bagian kelopak bunga. Bunga Jengger ayam ini juga terkenal karena warna bunganya yang berwarna warni dengan warna menyolok. Ada jengger ayam yang berwarna merah, pink, ungu, dan kuning.

Selain memiliki keindahan dan keunikan, bunga jengger ayam ternyata dikenal juga sebagai tanaman herbal untuk obat. Jadi ternyata bunga ini sudah terkenal di masyarakat selain sebagai tanaman hias bunga ini ditanam juga karena berfungsi untuk tanaman obat dimana tanaman ini memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Khasiat dari tanaman ini diantaranya adalah untuk mengobati infeksi saluran kemih, anti peradangan, dan khusus bagi wanita berkhasiat mengobati keputihan serta sangat baik bagi wanita yang haidnya tidak teratur.

Bunga Jengger Ayam ini berkasiat pada bagian kelopak bunganya yaitu berfungsi sebagai obat. Cara penggunaan bunga jengger ayam untuk obat herbal dilakukan dengan cara mengeringkan bagian bunga dan kemudian merebusnya dengan komposisi tertentu dan kemudian air rebusannya diminum sebagai obat.

Berminat untuk mencoba membudidayakan bunga Jengger Ayam ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here