Sekilas Tentang Energi Angin

0
69
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Kolom) Apa pun sebutan kita, angin adalah pergerakan udara yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara – sesuatu yang tidak dapat dilihat, tetapi pasti terasa. Meskipun mungkin tampak seperti bagian sederhana dari alam, angin terdiri dari mekanisme yang rumit.

Bagaimana Angin Bekerja?

Seringkali kita memperhatikan orang menggunakan arah dan kecepatan untuk menggambarkan angin. Ini karena angin adalah hembusan udara yang dihasilkan oleh gas yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah.

Ahli meteorologi menyebut gaya penyebab angin ini sebagai “gaya gradien tekanan”. Semakin tinggi gaya tekanan (alias perbedaan antara tekanan), semakin cepat pembangkitan angin dan semakin kuat kekuatannya.

Ada juga yang dikenal sebagai efek Coriolis yang menyebabkan angin bergerak pada kurva, bukan garis lurus. Ini adalah efek di mana arus berputar udara mengalami gaya yang dikenal sebagai gaya Coriolis, yang bertindak tegak lurus terhadap arah gerakan dan sumbu rotasi.

Bagaimana Angin Dibuat?

Angin disebabkan oleh perbedaan tekanan atmosfer. Sinar matahari menghangatkan permukaan bumi dan atmosfer. Sementara beberapa bagian planet mengalami iklim yang lebih hangat saat menerima sinar matahari langsung, bagian lain lebih dingin karena mendapat sinar matahari tidak langsung. Terlebih lagi, udara yang kita hirup mengandung ratusan juta partikel kecil. Berat masing-masing partikel ini ditumpuk satu sama lain, yang memiliki efek penimbangan di permukaan bumi. Ini menciptakan sesuatu yang dikenal sebagai tekanan atmosfer. Tekanan atmosfer adalah gaya yang berubah sesuai dengan panas atau dinginnya permukaan bumi. Misalnya, saat permukaan menghangat, udara yang paling dekat dengan permukaan juga akan menjadi lebih hangat. Ini, pada gilirannya, akan menyebabkan partikel naik ke atas dan akhirnya menyebar. Ketika udara hangat mulai naik, partikel udara dingin mulai tenggelam ke dalam area bertekanan rendah ini. Pergerakan partikel udara inilah yang menghasilkan angin.

Energi angin atau tenaga angin adalah proses menghasilkan listrik melalui angin. Untuk contoh, turbin angin menangkap energi kinetik dari angin dan mengubahnya menjadi listrik.

Ada tiga jenis utama tenaga angin:

Angin Skala Utilitas: Ini mengacu pada turbin angin besar – yang memiliki kapasitas setidaknya 100 kilowatt hingga beberapa megawatt. Pengguna akhir menerima listrik setelah dikirim ke jaringan listrik melalui saluran transmisi atau operator sistem tenaga.

Angin Lepas Pantai: Ini mengacu pada turbin angin yang dipasang di perairan besar, yang membuatnya lebih besar dari turbin angin darat (turbin angin darat), memungkinkan turbin tersebut menghasilkan lebih banyak energi angin lepas pantai.

Angin Kecil atau Terdistribusi: Ini mengacu pada turbin angin kecil, yang memiliki kapasitas kurang dari 100 kilowat. Ini adalah struktur individu yang biasa digunakan untuk menggerakkan pertanian, rumah, dan bisnis kecil. Turbin tidak terhubung ke jaringan listrik.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, manusia telah menggunakan angin sebagai pengganti tenaga listrik selama berabad-abad. Faktanya, ini adalah metode pertama buatan manusia untuk menghasilkan energi bersih. Tapi bagaimana orang mulai memanfaatkan kekuatan angin? Kincir angin.

Bagaimana Cara Kerja Kincir Angin?

Ada suatu masa ketika kincir angin hanya menggiling biji-bijian dan memompa air. Tapi hari ini, mereka menarik energi dari angin sepoi-sepoi.

Kincir angin memiliki bilah sumbu horizontal dan vertikal yang dapat menggerakkan batu asah atau roda; mereka dipasang ke poros yang terhubung ke roda gigi atau pompa. Bilah turbin ini, juga dikenal sebagai layar, berukuran besar dan kuat. Begitu angin mulai bertiup, mereka menangkap udara dan mulai berputar. Layar turbin terhubung ke poros penggerak. Oleh karena itu, ketika bilah berputar, begitu pula tangkai penggerak.

Berikut daftar beberapa kincir angin paling terkenal beserta lokasinya:

• Kincir Angin De Liefde di Sakura, Jepang

• Kincir angin di Taman Naganuma Futopia di T ome, Jepang

• Partington’s Mill di Auckland, Selandia Baru

• Kincir Angin De Molen di Foxton, Selandia Baru

• Kincir Angin Hortobágy di Debrecen, Hongaria

• Kincir Angin Kiskundorozsma di Szeged, Hongaria

• Betty’s Hope Mills di Antigua, Amerika Utara

• Morgan Lewis Mill di St Andrew, B arbados

• Moulin du Distrillerier Damoiseau di Le Moule, Guadeloupe

• Kincir Angin Rudes di Otaņķi, Latvia

Apa Itu Turbin Angin?

Jika kincir angin adalah bentuk teknologi angin yang lebih tua , turbin angin adalah inovasi terbaru . Banyak orang menggunakan istilah ini secara bergantian, tetapi kincir angin secara teknis sedikit berbeda dari turbin angin. Penggunaan tradisional kincir angin adalah untuk menggiling biji-bijian, memompa air, dan melakukan tugas terkait lainnya. Meskipun benar bahwa kincir angin menghasilkan energi mekanik, mereka tidak dapat menghasilkan listrik. Di sisi lain, turbin angin terdiri lebih dari 8.000 bagian untuk memanfaatkan energi kinetik angin dan mengubahnya menjadi listrik.

Turbin angin adalah kincir angin modern berukuran besar yang digunakan untuk menghasilkan energi tenaga listrik dan memastikan energi ini dibuat dengan cara yang tidak terlalu boros.

Turbin angin penghasil listrik pertama ditemukan pada tahun 1888 dan tingginya hanya sekitar 50 kaki. Tujuan utama pembuatannya adalah untuk mengurangi ketergantungan dunia yang semakin meningkat pada bahan bakar fosil untuk energi. Inti dari penggunaan tenaga terbarukan seperti tenaga air, tenaga surya, dan tenaga angin adalah untuk melestarikan sumber daya bahan bakar fosil yang semakin menipis.

Turbin angin dirancang memiliki tiga bilah yang berputar dengan menyalurkan energi kinetik angin dengan diameter rotor yang masif. Pisau yang bergerak, pada gilirannya, memutar motor yang mengubah energi kinetik ini menjadi energi listrik untuk keperluan rumah dan kantor.

Sumber energi terbarukan yang bersih ini tidak hanya hemat biaya, tetapi juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja, dengan sektor angin saat ini mempekerjakan lebih dari 100.000 pekerja.

Pembangunan Ladang Angin Dogger Bank dimulai di Yorkshire, Inggris, pada Januari 2020. Setelah selesai, akan menjadi ladang angin terbesar di dunia. Proyek pembangkit tenaga angin ini diperkirakan memiliki kapasitas 3,6 gigawatt (atau 3.600 megawatt). Sebagai referensi, ladang angin juga dikenal sebagai taman angin, pembangkit listrik tenaga angin, atau pembangkit listrik tenaga angin. Sebuah ladang angin adalah sekelompok turbin angin yang terletak di lokasi yang sama untuk pembangkit listrik.

Lokasi Turbin Terbesar di Dunia terletak di Rotterdam, Belanda, Haliade -X adalah turbin angin lepas pantai terbesar dan terkuat di dunia. Setelah selesai, prototipe akan berdiri setinggi 260 meter atau 853 kaki dari ujung dasar hingga ujung bilah, dengan kapasitas 12 mega watt. Selain itu, sebagai bagian dari pengujiannya, baru-baru ini ia memecahkan rekor dunia dengan menjadi yang pertama menghasilkan 262 megawatt jam energi bersih dalam satu hari (baru-baru ini memecahkan rekornya sendiri dengan 288), yang dapat dengan mudah digunakan 30.000 rumah.

Mirip dengan energi matahari, tenaga air, biomassa, dan energi panas bumi, energi angin merupakan alternatif terbarukan yang sangat baik untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbarui, seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Energi angin memutar bidang turbin angin modern, memberi makan generator listrik yang menghasilkan tenaga. Sumber energi juga sangat murah karena pemerintah menawarkan kredit pajak produksi dalam upaya mempercepat pengembangan energi angin. Ditambah, fakta bahwa ada pasokan angin yang tidak ditemukan menghilangkan kemungkinan kelangkaan.

Tidak seperti bahan bakar fosil, energi angin adalah sumber energi terbarukan yang berkelanjutan. Bahan bakar fosil, jika dibakar untuk menghasilkan energi, dapat menyebabkan perubahan iklim karena pelepasan karbondioksida. Sementara banyak rumah sudah mulai menggunakan tenaga surya, energi angin (kadang-kadang disebut winergy ) juga mendapatkan popularitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here