Wamenlu RI Apresiasi Bantuan AS dalam Penanganan COVID-19

0
119
Pertemuan Bilateral Wakil Menteri Luar Negeri RI dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy R. Sherman (Foto: Kemenlu RI)

(Vibizmedia – Nasional) Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Mahendra Siregar, menyampaikan apresiasi atas bantuan dan kerja sama dari Amerika Serikat (AS) selama Indonesia menghadapi pandemi, termasuk pengembangan vaksin dan pelayanan kesehatan.

Hal ini disampaikan Wamenlu Mahendra melalui keterangan tertulisnya, usai pertemuan bilateral dengan Wamenlu AS Wendy Ruth Sherman di Jakarta, Senin (31/5/2021).

“Pada berbagai kesempatan kami juga menyampaikan sambutan baik atas inisiatif AS terkait penghapusan intellectual property berkaitan dengan langkah-langkah untuk menanggulangi COVID-19,” kata Wamenlu Mahendra.

Wamenlu Mahendra juga memuji peran AS dalam memajukan inisiatif terkait penghapusan paten vaksin, yang sedang dibahas di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Bagi Indonesia, kata Wamenlu Mahendra, penghapusan paten dinilai penting guna mendorong kapasitas produksi vaksin dunia serta untuk mengatasi kesenjangan pasokan vaksin.

Sementara itu, Wamenlu Amerika Serikat (AS) Wendy Ruth Sherman, menegaskan kerja sama baik secara bilateral maupun multilateral sangat diperlukan, karena tidak ada negara yang dapat bertindak sendiri untuk menghentikan COVID-19 dan mencegah pandemi berikutnya

“Tidak ada yang aman sampai semua orang aman,” ujar Sherman.

Sherman mengungkapkan AS telah menjadi penyumbang terbesar fasilitas distribusi vaksin multilateral COVAX atau  inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin COVID-19, yang telah memberikan lebih dari 100 juta dosis vaksin ke seluruh dunia, termasuk hampir 5 juta dosis vaksin untuk Indonesia.

AS berkomitmen untuk menyumbangkan 80 juta dosis vaksin—atau lima kali lebih banyak dibandingkan negara lain. AS tidak akan membagikan dosis ini dalam upaya untuk mendapatkan dukungan politik, melainkan untuk mengakhiri pandemi.

“Saat kita bekerja sama untuk mengakhiri pandemi ini, AS juga berkomitmen untuk bermitra dengan Indonesia untuk bangkit kembali dengan lebih baik,” ujar Sherman.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Kemenlu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here