Tim Kajian Wilayah Turun ke Lapangan di Kabupaten Dompu, NTB

0
72

(Vibizmedia -Nasional) Dompu, 04 Juni 2021 – Dalam rangka meningkatkan layanan Kantor Wilayah Kemenkumham bagi masyarakat NTB, Tim kajian wilayah melaksanakan pengambilan data lapangan terkait dengan Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) di Kabupaten Dompu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendata, menginventarisir permasalahan, serta memberikan rekomendasi dan pertimbangan bagi stakeholder terkait dengan rangka perlindungan ekspresi budaya trandisional yang dewasa ini masih rentan dengan plagiat atau pengakuan dr kelompok, daerah atau bahkan negara lain.

Kegiatan pengambilan data dilaksanakan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, NTB. Tim diterima langsung oleh Kepala Dinas (H Khairil Insyan) beserta Kabid Kebudayaan (Wahyono).
Dalam kata sambutannya, Kepala Dinas menyampaikan harapannya agar kegiatan kajian ini dapat memberikan manfaat secara ekonomis bagi masyarakat Kabupaten Dompu khususnya dengan adanya perlindungan terhadap EBT.
Adapun permasalahan yang cukup klasik yang dihadapi adalah terkait dengan terbatasnya alokasi anggaran untuk pendaftaran EBT disamping perlunya peningkatan kesadaran masyarakat pentingnya pendaftaran Kekayaan Intelektual demi perlindungan hukum bagi hasil karya cipta masyarakat setempat.

Sumber : Humas Kanwil NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here