“Peran POKMAS LIPAS dalam Pembinaan dan Pembimbingan Narapidana Klien Pemasyarakatan”.

0
166

(Vibizmedia – Nasional) Gorontalo – Kamis (10/06) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melalui Divisi Pemasyarakatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Tahun 2021 dengan tema “Peran POKMAS LIPAS dalam Pembinaan dan Pembimbingan Narapidana Klien Pemasyarakatan”.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkugan Kanwil Kemenkumham Gorontalo, para Kepala Unit Pelaksana Teknis, dan peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari UPT, Pemerintah Daerah, dan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS)

Bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Kegiatan di buka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Kementerian Hukum dan HAM, dilanjutkan dengan Laporan Panitia yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi (Tjahja Rediantana).

Dalam sambutannya Kadiv Pemasyarakatan memohon maaf kepada para peserta dan narasumber karena sejatinya acara dibuka oleh Kakanwil, namun pada saat bersamaan Kakanwil sedang menghadiri tugas lain di luar kota.
Kadiv Pemasyarakatan menjelaskan terkait pembentukan POKMAS LIPAS berdasarkan surat Ditjen PAS No. PAS-06.OT.02.02 Tangga 10 Februari 2020 dimana ini merupakan sebuah gebrakan dan inovasi terhadap kepedulian DITJEN PAS terhadap optimalisasi tugas dan fungsi BAPAS. Lebih lanjut Kadiv Pemasyarakatan menjelaskan untuk Gorontalo sendiri telah membuat suatu inovasi dimana bukan hanya BAPAS saja akan tetapi seluruh UPT PAS agar manfaat dari POKMAS LIPAS dirasakan seluruh wilayah Gorontalo.

Menutup sambutannya Kadiv Pemasyarakatan berharap agar semua anggota POKMAS LIPAS dapat bekerja secara maksimal walaupun ditengah situasi pandemi. “Apa yang kita mulai harus tetap dijalankan, apa yang belum tuntas, dituntaskan karena program ini adalah sebuah hakikat pemasyarakatan yaitu memulihkan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan WBP” tutup Kadiv Pemasyarakatan sekaligus membuka kegiatan.

Hadir juga pada kegiatan ini narasumber dari DITJEN PAS, yakni Dasep Rana Budi sebagai Kepala Subdirektorat Pembimbingan dan Pengawasan Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan anak yang membawakan materi tentang “Kebijakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Terkait DITBIMKEMAS dan Pengentasan Anak” dan materi kedua oleh Ahmad Syafei A. Moeis sebagai Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak yang membawakan materi “Sosialisasi Draft Pedmoman Mekanisme Pokmas Lipas”.

Sumber : Humas Kanwil Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here