Karedok, Salad Khas Jawa Barat yang Sedap

1
315

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Karedok merupakan campuran sayur-sayuran yang dibuat bersama bumbu kacang. Sayuran yang sering digunakan adalah kol, tauge, terong bulat hijau, kacang panjang, dan mentimun. Itu sebabnya seringkali dikatakan karedok adalah salad khas Sunda atau Jawa Barat.

Untuk cara pembuatan dan tampilan karedok memang terlihat mirip dengan gado-gado. Akan tetapi, keduanya tetap berbeda. Sayuran pada gado-gado direbus terlebih dahulu, sedangkan untuk karedok sayuran yang disajikan mentah. Jangan lupa tentunya sebelumnya sayuran harus dicuci terlebih dahulu. Selain itu, kekhasan lain dari karedok adalah menggunakan kencur sebagai bumbu dasar.

Bahan yg diperlukan dalam membuat Karedok:
Kacang tanah 100 gram
Kencur 2 ruas
Gula merah 50 gram
Gula pasir 1 sdm
Cabe rawit 3 buah
Cabe keriting 3 buah
Cuka 1 sdm
Terasi 1 sdt
Jeruk limau 2 buah
Garam 1 sdt

Bahan mentah/sayuran.
1. Kol/Kubis
2. Toge
3. Kacang Panjang
4. Kemangi
5. Timun

Cara membuat Karedok:
Semua bahan diblender yaitu kacang tanah,kencur,cabe,gula merah, gula pasir serta garam. Untuk pemakaian terasi optional bisa digunakan bisa juga tidak. Setelah bahan sudah halus, ditambahkan dengan cuka kemudia diaduk kembali.
Siapkan sayuran mentah dipotong slice sesuai kebutuhan sekitar 50 gram per jenis sayuran. Terlebih dahulu dicuci bersih. Setelah itu semua bahan dicampur dengan bumbu kacang. Jangan lupa ditaburi dengan bawang goreng dan emping. Maka karedok sudah siap disajikan dan dinikmati untuk 3 orang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here