Pentingnya Peran Aktif Kepala UPT Dalam Meningkatkan Komitmen

0
126

(Vibizmedia – Nasional) Pontianak – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat Suprobowati, menutup kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan tingkat Wilayah Kalimantan Barat tahun 2021, Rabu (16/06).

Kegiatan Rakernis yang telah berjalan selama tiga hari ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen yang telah dibangun oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se Kalimantan Barat terkait Deteksi Dini dan Sinergitas dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kegiatan Rakernis Pemasyarakatan wilayah Kalimantan Barat tahun 2021, pada pelaksanaan selama tiga hari ini sudah berjalan dengan lancar dan bagus. Semua peserta yang terdiri dari Kepala UPT Pemasyarakatan yang berjumlah 19 orang hadir, hanya dua yang diwakili karena kepala UPT sedang Diklat,” ucap Suprobowati.

Menurut Probo materi yang telah diberikan sesuai dengan agenda yang sudah pihaknya siapkan, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan maksimal, semua Kepala UPT dapat berperan aktif dalam kegiatan dapat menyampaikan keadaan/situasi terkini yang ada tempat mereka masing-masing.

“Kami sangat berharap bahwa dengan selesainya kegiatan Rakenis Pemasyarakatan tahun 2021 ini Kepala UPT sudah bisa melaksanakan komitmen terkait Deteksi Dini dan Sinergitas dalam upaya P4GN. Kepala UPT Harus berperan aktif dalam komitmen tersebut, sehingga jajarannya akan bersemangat meningkatkan kinerja mereka,” tegas Kadivpas.

Dirinya menambahkan, seluruh jajaran Pemasyarakatan harus memilki komitmen yang sama sehingga tidak ada miskomunikasi atau perbedaan pendapat apabila terjadi suatu permasalahan. Peningkatan sinergitas dengan instasi lain juga penting untuk dilakukan.

“Terkait sinergitas, nantinya harus lebih ditingkatkan lagi, paling tidak kepala UPT Lebih meningkatkan kerjasama dengan instasi terkait yang bersentuhan langsung dengan pemasyarakatan dan juga sinergitas dengan media, sehingga kegiatan yang kita lakukan dapat terekpose ke masyarakat,” pungkas Probo.

Sementara itu Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak Sumaryo, menyambut baik atas terselenggaranya Rakenis Pemasyarakatan tahun 2021 ini, menurut Maryo kegiatan ini sangat bermanfaat dalam melakukan kebijakan – kebijakan di UPT.

“Kegiatan Rakernis Pemasyarakatan tahun 2021 ini sangat penting sekali buat kami para kepala UPT Pemasyarakatan, karena hal-hal yang menjadi permasalahn di tingkat UPT dapat disampaiakan dalam forum diskusi dan saling bertukar pikiran. Artinya permasalahan di UPT dapat diberikan solusi-solusi yang bermanfaat, sehingga solusi yang diberikan/dibahas dapat kami aplikasikan di tempat kami,” ujar Sumaryo.

Maryo juga berterima kasih pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, telah menyelenggarakan kegiatan ini melalui Divisi Pemasyarakatan. Menurutnya kegiatan ini sangat bermafaat dan sangat berguna dalam melakukan kebijakan internal pada UPT yang ia pimpin. (Nar/Fto : Humasdivpas)

Sumber : Humas Kanwil Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here