Deteksi Dini Gangguan Keamanan, Kadivpas Gelar Razia di Rutan Baturaja

0
73

(Vibizmedia – Nasional) HUMAS, Palembang – Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan serta penanggulangan peristiwa yang menyebabkan gangguan keamanan di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan), Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (SATOPS PATNAL) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melakukan razia di Rutan Kelas IIB Baturaja pada Kamis malam (17/6).

Dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dadi Mulyadi, didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan (Yunus Maraden Simangunsong), Kepala Rutan Kelas IIB Baturaja (Royhan Al Faisal), dan jajaran kegiatan razia berlangsung aman dan lancar. Hal ini merupakan salah satu bentuk antisipasi yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam meminimalisir peredaran narkoba dan gangguan keamanan di dalam Lapas maupun Rutan.

Kegiatan penggeledahan juga merupakan wujud komitmen Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam hal deteksi dini pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi adanya peredaran dan pengendalian narkoba di dalam Lapas dan Rutan. Dalam razia kali ini petugas berhasil menyita barang-barang yang dilarang masuk ke dalam Lapas seperti handphone, charger, sendok, gunting, dan lain-lain serta membongkar barang-barang dan peralatan yang dianggap bisa mengganggu kontrol petugas Pengamanan.

Dalam hal ini Kadivpas menghimbau seluruh petugas untuk senantiasa berhati hati dan tetap waspada terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan keamanan. Selain itu, Kadivpas juga berharap seluruh petugas untuk selalu melakukan razia baik secara insidentil maupun rutin sesuai dengan SOP yang berlaku dan tidak bekerjasama maupun membantu warga binaan memasukkan barang-barang yang terlarang ke dalam Lapas dan Rutan.

“Kegiatan ini sebagai tindakan preventif pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Baturaja, karena kita ketahui banyaknya pemberitaan barang barang terlarang yang masuk ke dalam Lapas maupun Rutan”, ujar Dadi.

Kegiatan berlangsung aman dan kondusif secara diikuti secara kooperatif oleh seluruh penghuni Rutan Baturaja.

Sumber :  (Humas Kanwil Sumsel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here