Lakukan Pengawasan dan Pendataan Orang Asing, Tim Divisi Keimigrasian Kalsel Sambangi Perusahaan di Kotabaru

0
162

(Vibizmedia -Nasional) Banjarmasin, Humas_Info – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan kembali melakukan tugas dan fungsi pengawasan orang asing dengan melakukan pendataan langsung ke lapangan. Kegiatan pengawasan yang dilakukan pada hari Kamis, (17/6/21) ini dilakukan dengan mendatangi langsung perusahaan pengguna Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Yugo Prakoso selaku Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian didampingi oleh Hairil Fahmi, Analis Keimigrasian Ahli Muda, Trie Ari Sandi, Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana Lanjutan/Mahir, beserta Hanafiah dan Kusairi Alparagi selaku JFU Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Kegiatan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan status TKA ini dilakukan pada perusahaan PT. Thailindo Bara Pratama yang bergerak dibidang pertambangan batubara yang mana pada perusahaan tersebut terdapat 13 orang TKA berkebangsaan Thailand; PT. Arutmin Indonesia yang bergerak dibidang pertambangan batubara, terdapat 1 orang TKA berkebangsaan Australia; dan PT. Sime Derby Oils yang bergerak dibidang pengolahan minyak sawit, terdapat 1 orang TKA berkebangsaan Malaysia.

Yugo Prakoso selaku Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian menyampaikan bahwa dalam kegiatan pengawasan dan pendataan orang asing yang menjadi TKA di beberapa perusahaan yang telah didatangi tidak terdapat pelanggaran keimigrasian. “Hasil dari pemeriksaan dan pendataan yang kami lakukan sebagai tim, tidak ditemukan adanya pelanggaran dari ketiga perusahaan yang telah kami periksa, namun kami tetap menghimbau agar perusahaan tersebut tetap taat dalam proses pelaporan data TKA yang dipekerjakan dengan mengirimkan datanya secara periodik setiap bulannya sehingga proses pemantauan berjalan dengan lancar dan tidak terjadi pelanggaran,” ucap Yugo. (Kontributor : Divisi Keimigrasian/Trie Ari Sandi, ed : Joel/ES).

Sumber : Humas Kanwil Kalsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here