Pemeriksaan Protokol Notaris Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Kepulauan Anambas

0
100

(Vibizmedia – Nasional) Anambas-, Kamis, 17 Juni 2021. bertempat di Kantor Notaris Sari Betha Giofani, S. H., M.Kn.  Jalan Ibrahim Sattah Tarempa, Majelis Pemeriksa Protokol Notaris yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi dan notaris telah melaksanakan pemeriksaan terhadap protokol notaris.

Pemeriksaan yang diketuai oleh Bapak Sukiman, S.H., M.H. ini merupakan pemeriksaan yang bersifat berkala/tahunan yang dilaksanakan oleh Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Tanjungpinang sebagai salah satu bentuk pembinaan dan pengawasan terhadap profesi notaris di Kabupaten/Kota.

Selain Majelis Pemeriksa Protokol Notaris, hadir pula Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau, Bapak Darsyad yang sekaligus merupakan anggota Majelis Pengawas Wilayah Notaris Kepulauan Riau. Dalam kesempatan tersebut beliau mengingatkan agar notaris senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawab profesi.

“Sebagai pejabat umum dengan sebaik-baiknya sesuai amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.” tuturnya

Dalam kesempatan tersebut Majelis Pemeriksa melakukan pemeriksaan terhadap protokol notaris diantaranya keadaan sarana dan prasarana kantor, keadaan buku-buku protokol Notaris seperti; repertorium, buku daftar akta, buku daftar surat di bawah tangan yang disahkan, buku daftar surat di bawah tangan yang dibukukan, buku daftar surat perotes, buku wasiat dan sebagainya.

Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan terhadap ketertiban notaris dalam penyimpanan arsip serta terhadap penyampaian laporan bulanan yang disampaikan melalui aplikasi SILARIS.

Hasil pemeriksaan protokol Notaris ini selanjutnya dituangkan ke dalam Berita Acara Pemeriksaan yang ditandatangani oleh Majelis Pemeriksa dan Notaris terperiksa. Apabila ditemukan adanya pelanggaran jabatan dan pelanggaran perilaku Notaris yang berkaitan dengan kewajiban dan larangan jabatan atau pelanggaran terhadap ketentuan lain, maka Majelis Pemeriksa dapat melaporkan kepada Majelis Pengawas Wilayah Notaris.

Sumber : Humas Kanwil Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here