Atlas Resources Indonesia (ARII) Akan Lakukan Private Placement, Harga Saham Anjlok 2.05 Persen

0
105

(Vibizmedia – IDX Stocks) – PT Atlas Resources Indonesia Tbk , emiten dengan kode saham ARII berencana untuk melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Emiten tambang batubara ini akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 300 juta saham atau 9,58% dari jumlah seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor.

Saham yang akan diterbitkan adalah saham atas nama dengan nilai nominal Rp 200 per saham. Mengutip keterangan di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (23/6), ARII akan melakukan private placement untuk memperkuat struktur permodalan dan keuangan, termasuk namun tidak terbatas pada pemenuhan modal kerja ARII maupun entitas anak.

Harga batubara yang menguat menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi ARII untuk melakukan aksi korporasi ini. Sebab, manajemen ARII melihat, tren kenaikan harga komoditas energi ini akan berlangsung lama, sehingga akan berdampak positif untuk ARII.
“Oleh karenanya, Atlas Resources berencana untuk meneruskan peningkatan kapasitas infrastruktur hub Musi Rawas Utara (Mutara), yang meliputi jalan angkut dan pelabuhan batubara guna meningkatkan kapasitas produksi dan logistik di tahun-tahun mendatang,” terang manajemen ARII, Rabu (23/6).

Dengan demikian, ARII memerlukan pendanaan dan meningkatkan kemampuan dengan terus memperbaiki ekuitas. ARII perlu mempersiapkan diri untuk sewaktu-waktu mengundang investor yang akan memberikan penawaran terbaik untuk menjadi pemegang saham ARII dan memberikan kontribusi untuk meningkatkan posisi ekuitas.

Pemegang saham lama ARII akan mengalami efek dilusi sebanyak-banyaknya 8,74% seiring dengan rencana aksi korporasi ini. Manajemen menilai, dilusi yang dihasilkan saat ini relatif kecil dan harga pelaksanaan akan ditentukan sesuai dengan ketentuan Peraturan No. I-A, sehingga diharapkan tidak merugikan pemegang saham lama.

“Di sisi lain, struktur permodalan menjadi lebih kuat yang pada akhirnya meningkatkan nilai bagi para pemegang saham,” terang manajemen ARII. Untuk memuluskan rencana ini, ARII akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 29 Juli 2021 mendatang.

Pada pukul 1438 WIB, harga saham ARII telah anjlok sebesar 2.05% atau 6 poin ke harga Rp.286 per lembar, dibandingkan dengan harga penutupannya kemarin sore, yakni di harga Rp.292 per lembar.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here