Entry Meeting Penguatan Implementasi New SPIP Oleh Tim Itjen Kemenkumham

0
96

(Vibizmedia – Nasional) Pontianak – Dalam rangka pengawasan tugas fungsional Penguatan Implementasi New SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) Tahun 2021 melalui Penilaian Mandiri Maturitas pada Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Tim Inspektorat Jenderal Kemenkumham laksanakan kegiatan Penguatan Impelementasi New SPIP ini ke Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar yang dimulai dengan entry meeting pada Kamis (24/6).

Digelar di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar, kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Uray Aswin Umar dan dihadiri Kepala Divisi Administrasi, Anggiat Ferdinan serta Tim Satgas SPIP Kanwil Kemenkumham Kalbar. Uray Aswin menyampaikan bahwa Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar menyambut baik kegiatan yang dilakukan Inspektorat Jenderal terkait Penguatan New SPIP Tahun 2021. “Kami terbuka atas segala masukan dan saran dari Tim Inspektorat Jenderal mengenai pembaharuan SPIP yang akan berjalan di tahun 2021”, ujar Aswin.

Empat orang Tim Penguatan New SPIP dari Inspektorat Wilayah I Itjen Kemenkumham ini diketuai oleh Adi Priyo Pratomo dengan anggota Heriyanto Tri Ratmoko dan Amanda Arvi Utami serta Auditor Muda Inspektorat Jenderal, Harry Lesmana selaku Pengendali Teknis.

“SPIP saat ini masuk menuju New SPIP, hal ini disesuaikan dengan Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021. Menyesuaikan aturan tersebut, 1/3 JFU dan JFT yang terlibat dalam Tim Satgas SPIP harus sudah mengikuti Workshop SPIP secara berkala”, ungkap Harry dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan bahwa Tim Inspektorat Jenderal pada kesempatan ini ingin melihat kegiatan yang sudah dilakukan Kanwil Kemenkumham Kalbar terkait kegiatan SPIP. Dengan adanya New SPIP, yang saat ini aplikasinya masih dikembangkan oleh BPKP.

Kemudian Ketua Tim, Adi Priyo Pratomo mengungkapkan bahwa data dukung yang diperlukan seperti SK Tim SPIP dan Laporan Kegiatan Sosialisasi SPIP sudah diterima oleh Tim Inspektorat dan akan dipelajari lebih lanjut mengenai kesesuaian dokumennya.

“Namun masih memerlukan dokumen yang perlu diperiksa yaitu dokumen Manajemen Resiko dan Dokumen Pengelolaan Aset sebagai bahan untuk kita bahas lebih lanjut besok”, ujarnya.

Esok harinya, Tim Inspektorat dan Kanwil Kemenkumham Kalbar rencananya akan melakukan penguatan implementasi New SPIP 2021 kepada Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar. (nar/ft : eth_)

Sumber : Humas Kanwil Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here