Vitamin untuk Tetap Sehat di Masa Pandemi

0
177
Ilustrasi Vitamin (Foto: Kayla-Maurais, Unsplash)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini sangat penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap sehat. Apabila sistem imun tubuh lemah maka berbagai penyakit akan mudah masuk dalam tubuh. Makanan, minuman, suplemen atau vitamin yang dikonsumsi akan berpengaruh dalam daya tahan tubuh.

Maka dari itu, perlu menjaga sistem imun tubuh. Banyak hal yang dapat dilakukan, salah satu caranya adalah mengonsumsi vitamin atau suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin dan suplemen dapat memulihkan kesehatan dan membantu untuk menguatkan sistem imunitas tubuh. Bukan hanya di masa pandemi ini saja, untuk menjaga sistem imunitas tubuh memang sangat diperlukan.

Berikut ini beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk mendukung sistem imunitas tubuh :

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan. Dapat meningkatkan produksi sel imun tubuh yang penting, termasuk sel darah putih dan fagosit yang merupakan sel pembunuh bakteri. Mampu memperbaharui sel-sel dalam tubuh. Dapat melawan gangguan saluran pernapasan atas (pilek dan batuk) akibat virus. Dosis harian Vitamin C yang dapat dikonsumsi yaitu 250-1.000 mg.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B6 dan 12 bisa membuat kondisi tubuh tetap prima. Vitamin B6 membuat sel imun yang dapat membantu tubuh melawan mikroba berbahaya.

Vitamin D

VItamin D merupakan nutrisi yang dapat larut dalam lemak dan penting bagi kesehatan serta fungsi dari sistem kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah sel makrofag (sel imun untuk membunuh sel-sel penyakit yang menyerang tubuh). Dapat menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi produksi bahan kimia yang disebut sitokin inflamasi. Vitamin D juga bisa mengurangi peradangan. Dosis harian Vitamin D yang dapat dikonsumsi yaitu 1.000-4.000 IU.

Vitamin E

Vitamin E memiliki kemampuan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Zinc

Zinc merupakan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Batas konsumsi zinc yaitu 40 mg, jangan sampai melebihi dosis ini dikarenakan jika berlebihan justru dapat mengganggu fungsi penyerapan dan meningkatkan risiko infeksi dalam tubuh.

Curcumin

Curcumin merupakan senyawa utama dalam kunyit yang bersifat antiinflamasi dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Berbagai vitamin atau suplemen tersebut tidak bisa menjadi pengganti dari pola hidup sehat. Jdi, tetaplah menjaga kesehatan dengan pola makan yang seimbang, berolahraga, cukup tidur, tidak merokok, dan tetap menjalankan pola hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here