Penyederhanaan Regulasi Investasi Hydropower Tantangan Bagi Indonesia

0
70
Aliran Sungai Aek Raisan di Kecamatan Sitahuis, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara digunakan sebagai sumber energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH). FOTO: VIBIZMEDIA.COM/FADJAR

(Vibizmedia – Kolom) Transisi energi fosil menjadi energi terbarukan menjadi tujuan Indonesia di masa depan. Energi terbarukan yang dikenal juga dengan energi bersih sedang naik daun sekarang ini, karena rendahnya karbon yang dihasilkan atau sama dengan rendahnya polusi yang menjadi musuh semua negara. Energi terbarukan disebut juga dengan energi hijau sebagai akibat energi yang bersahabat dengan lingkungan. Energi hijau ini membuat perubahan iklim menjadi normal, karena rendah karbon mengurangi dampak rumah kaca yang membuat cuaca menjadi berubah-ubah dan ekstrem. Banyak sekali keuntungan dari transisi energi bersih ini, dan Indonesia memiliki kekayaan untuk menjadi negara penghasil energi bersih terbesar di dunia.

Simak saja apa yang OECD katakan melalui laporannya belakangan ini. Menurut laporan baru OECD Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia dalam energi bersih dengan reformasi lebih lanjut untuk memobilisasi investasi dalam energi terbarukan dan efisiensi energi. Kajian tersebut merekomendasikan agar Indonesia menggunakan periode pemulihan pascapandemi sebagai kesempatan untuk beralih dari bahan bakar fosil dan memulai jalur rendah karbon. Memperluas akses perusahaan ke energi terbarukan juga akan membantu menjadikan Indonesia tujuan investasi yang lebih kompetitif, karena perusahaan terus menjanjikan lebih banyak aksi iklim. Insentif lebih lanjut diperlukan, bagaimanapun, dan otoritas publik dapat memimpin dengan contoh, misalnya dengan membangun upaya baru-baru ini untuk mendapatkan penerangan jalan efisiensi tinggi.

Sebagai negara yang berada di wilayah khatulistiwa, Indonesia memiliki curah hujan yang sangat tinggi setiap tahunnya sehingga memiliki sumber air yang cukup besar baik itu run off river ataupun bendungan. Indonesia memiliki jumlah aliran sungai (DAS) yang mencapai 458 di Indonesia. Saat musim hujan – yang rata-rata turun pada bulan November hingga Maret – memberikan manfaat tersendiri dalam pengembangan energi alternatif yang bersumber dari air.

Hal ini membuat potensi energi air yang dapat dimanfaatkan Indonesia juga cukup besar. Indonesia memiliki potensi energi air yang potensiaI untuk dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik untuk pembangkit listrik. Sesuai dengan data yang disebutkan dalam RUEN, Indonesia memiliki total potensi PLTA sebesar 75.091 MW.

Dengan geografi vulkaniknya yang luas, potensi Indonesia untuk menghasilkan panas bumi dan tenaga air termasuk yang terbesar di dunia. Peluang untuk energi tidal dan energi matahari juga besar. ESDM telah menetapkan target pemanfaatan energi air sebesar 20.986,7 MW. Target ini menjadi bagian rencana untuk memenuhi bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Namun, investasi dalam energi terbarukan sejauh ini belum mencapai tingkat yang dibutuhkan Indonesia untuk mencapai target energi bersih tahun 2025, sebagian karena hambatan regulasi. Pada 2019, Indonesia telah memanfaatkan kurang dari 2% dari total potensi energi terbarukan.

OECD mengatakan Indonesia memiliki potensi yang belum dimanfaatkan dan sangat berlimpah untuk keuangan dan investasi di energi terbarukan dan efisiensi energi. Energi terbarukan ini merupakan kunci untuk mempercepat transisi negara energi hijau dan mendukung pemulihan yang berkelanjutan dari krisis COVID-19 . Reformasi untuk menciptakan peraturan lingkungan yang jelas dan konsisten untuk energi terbarukan, misalnya dengan menggunakan tender kompetitif untuk mendorong persaingan dan pengurangan biaya, dapat membantu mengatasi kekurangan investasi ini. Pengenalan terhadap standar kinerja energi di Indonesia baru-baru ini harus mendorong penggunaan solusi efisiensi lebih lanjut.

Penuturan salah seorang direksi perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLMTH), membangun pembangkit ini memerlukan ijin yang panjang. Perlu waktu 6 tahun dan ada 27 ijin untuk membangun sebuah PLMTH 10 mega watt. Regulasi Indonesia dalam hydropower tergolong rumit untuk mewujudkan sebuah investasi pada Hydropower. Beberapa kendala yang mungkin perlu dibenahi adalah adanya gunung peraturan yang membuat regulasi menjadi tumpang tindih. Persepsi aturan yang berbeda-beda juga sering menjadi penghambat karena seorang investor harus diyakinkan dahulu untuk pengertian sebuah regulasi. Hambatan regulasi seringkali menjadi pemicu untuk turunnya semangat berinvestasi dari para pemodal maupun para pengembang.

Ketika hambatan regulasi terjadi maka potensi besar Indonesia seperti lambat untuk dimanfaatkan. Banyak investasi akhirnya juga tidak dapat diteruskan karena regulasi tidak memberikan kepastian hukum bagi para penanam modal. Indonesia terus berupaya untuk mengatasi hal ini, melalui bantuan banyak negara, lembaga donor dunia tatanan regulasi selalu diperbaiki, dari para pengembang hingga regulator selalu berusaha melakukan sinkronisasi peraturan dan penyederhanaannya agar terwujud penanaman modal ini.

Regulasi juga perlu didukung oleh semangat pelayanan para birokrat, PLN sebagai offtaker dalam energi listrik perlu sekali menjadi mitra dengan pelayanan prima, dimana kecepatan menjadi salah satu tolok ukur layanan. Standar waktu layanan di PLN adalah salah satu faktor yang perlu diperbaiki agar tercipta proses penanaman modal yang cepat.

EASE OF DOING BUSINESS 2020

Sumber: World Bank

Jumlah regulasi pemerintah pusat & daerah mencapai 43.604 aturan dan membuat daya saing Indonesia kalah dibandingkan negara-negara Asean, Indonesia menempati urutan ke 73 dalam EASE OF DOING BUSINESS 2020 menurut data World Bank tahun 2020. Indonesia kalah bersaing bila dibandingkan dengan negara-negara tetangganya seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, Thailand. Indonesia perlu segera berbenah, agar potensi besar yang dimiliki menjadi jalan untuk menuju kepada visi ke depan.  Penyederhanaan regulasi akan menangkap peluang penanaman modal yang sedang dilakukan ingin masuk ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here