Apindo Bekasi Bergerak Sediakan Rumah Isolasi

0
205
Ilustrasi: Beverly Hills Jababeka Cikarang (Foto: Jababeka)

(Vibizmedia – Industry) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) turut berpartisipasi dalam pengendalian pandemi bangsa dengan mengambil bentuk corporate social responsibility (CSR) dalam penyediaan rumah isolasi dari rumah kosong yang tersedia di Perumahan Beverly Hills Jababeka-Cikarang, bagi para pekerja, buruh dan keluarga mereka.

Upaya ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Forkopimda Kabupaten Bekasi. Bekasi memang sangat berharap dan sangat membutuhkan tempat isolasi terpusat bagi pekerja industri yang terpapar COVID-19 dan menurut data Pemda setempat, 60% kasus positif baru yang terjadi di Bekasi adalah klaster industri, berasal dari para buruh dan pekerja di kawasan industri. Harapannya adalah akan sangat membantu percepatan pemulihan pasien COVID-19 dengan penyediaan tempat isolasi yang memadai dengan penyediaan tenaga kesehatan 24 jam di dalamnya. Dengan demikian kondisi pasien akan termonitor dengan baik sehingga diharapkan mampu menurunkan angka kematian akibat COVID-19 hingga 30 persen.

Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan pada Rabu, 28 Juli 2021 mengatakan “Beberapa hari lalu kami rapat bersama para perusahaan, Apindo mereka sepakat untuk siap menyediakan tempat isolasi terpusat bagi karyawan atau pekerja pabrik di Kabupaten Bekasi.” Jadi pembiayaan tempat isolasi terpusat ini akan berasal dari dana CSR perusahaan-perusahaan yang berada di kawasan industri Kabupaten Bekasi, yang dikelola oleh Apindo. Sumbangan yang diberikan Apindo untuk tiga bulan ke depan adalah sebesar 10 juta hingga 50 juta rupiah.

Kapasitas yang tersedia di dalam tempat isolasi terpusat itu adalah sebanyak 660 ruangan. Para pekerja dan buruh industri kini tidak perlu bingung lagi dan tidak butuh waktu lama untuk mencari tempat isolasi dan dengan demikian dapat memutus rantai penularan karena dapat keluar dari mess pabrik atau perusahaan dimana selama ini mereka tinggal. Dengan terintegrasinya tempat isolasi ini diharapkan menjadi solusi bagi kabupaten Bekasi. Inilah yang diharapkan bahwa pada masa kesusahan bangsa seperti sekarang ini, semua pihak mengambil bagian untuk berpartisipasi bergotong royong dalam pengendalian pandemi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here