Kreatif Mengenal Berbagai Jenis Trade Promotion

0
120
Ilustrasi Trade Promotion (Foto: Unsplash)

(Vibizmedia – Economy & Business) Mempromosikan sebuah produk sangat memerlukan strategi komunikasi pemasaran yang terbaik. Produsen atau perusahaan harus melakukan promosi yang efektif untuk dapat dijalankan, di masa kini yang harus diperhatikan adalah pemasaran mempercayai loyalitas dari konsumen dan produsen. Program-program promosi harus dilakukan, bisa dalam bentuk membership atau program keanggotaan untuk para konsumen mendapatkan banyak benefit.

Adapun salah satu promosi penjualan yang disebut Trade Promotion yang mendorong reseller atau distributor untuk menjual produk baru, meningkatkan persediaan produk, tetap memberikan  ingatan untuk membeli produk meski belum waktunya, membandingkan dan menyaingi promosi dari para kompetitor, membuat reseller bertahan pada produk yang dipromosikan, dan mendapatkan lajur reseller atau distributor baru.

Tujuan dari Trade Promotion, yaitu:

  • Aktivitas dari kompetitor terbendung.
  • Loyalitas konsumen meningkat.
  • Meluncurkan stok barang di level grosir, pengecer, dan distributor.
  • Numeric distribution dan weighted meningkat.
  • Vertical Distribution (tingkat persediaan barang) meningkat.
  • Visibilitas produk meningkat.

Jenis-Jenis Trade Promotion:

Trade Allowances. Ini merupakan pemberian bonus atau insentif kepada reseller atau distributor untuk mendorong mereka membeli produk yang disediakan oleh produsen. Tujuannya untuk support mereka dalam menjual kembali produk dari produsen. Cara pemberian bonusnya bisa memberikan potongan harga atau hadiah.

Trade Contest. Ini bertujuan untuk mencapai target sasaran yang sudah ditentukan oleh produsen dengan cara membuat kontes untuk para reseller atau distributor yang menang mendapatkan sebuah hadiah.

Trade Incentives. Ini adalah sebuah teknik promosi untuk para reseller atau distributor mendapatkan uang atau dana.

Trade Shows. Yaitu teknik promosi penjualan dari kerjasama antara produsen dan pengecer dalam menciptakan produk yang diterima oleh publik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here