Dukung Ekonomi Berkelanjutan, Indonesia-Australia Terus Bermitra

0
109
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: BAPPENAS

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan IA-CEPA menandai babak baru bagi Indonesia dan Australia menyambut pasar yang terbuka dan terintegrasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang saling berkelanjutan. Meskipun telah dilakukan perdagangan sebelumnya dan terhubung melalui AANZFTA, IA-CEPA mengangkat ke tingkat komitmen dan kerjasama yang lebih tinggi.

Selain mengurangi hambatan perdagangan, Indonesia dan Australia bercita-cita untuk menciptakan kolaborasi pembangkit tenaga listrik baru yang memberdayakan ekonomi kedua negara dan meningkatkan keunggulan kompetitif kedua negara.

Untuk itu, berkontribusi pada visi kedua negara yang lebih besar dalam menghadapi persaingan global dengan memperbesar partisipasi negara-negara tersebut dalam rantai nilai global.

Oleh karena itu, IA-CEPA mencakup kerjasama yang lebih komprehensif di bidang perdagangan barang dan jasa, investasi, kerjasama ekonomi, dan ketentuan lain seperti fasilitasi perdagangan, aturan asal, bea cukai, sanitasi dan fitosanitasi, hambatan teknis, jasa keuangan, telekomunikasi, perdagangan elektronik, pergerakan orang perseorangan, persaingan, dan ketentuan umum dan hukum.

Seperti disebutkan sebelumnya, bersama dengan IA-CEPA, telah disepakati komitmen untuk melakukan program khusus yang disebut Economic Cooperation Program (ECP).

Economic Cooperation Program (ECP) dibuat untuk mendukung implementasi perjanjian IA-CEPA, dengan tujuan untuk memaksimalkan keuntungan bersama, mempercepat perdagangan dan investasi, serta meningkatkan akses pasar bersama di kedua negara, yang secara signifikan akan berkontribusi pada pembangunan inklusif, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kemakmuran kedua negara.

Program Kerjasama Ekonomi IA-CEPA terdiri dari empat kegiatan utama. Itu adalah Implementasi IA-CEPA, Kemitraan Inovasi Agrifood, Powering Advanced Manufacturing, dan Investasi Bersama dalam Keterampilan dan Pelatihan; yang disepakati untuk dilaksanakan dengan prinsip kesetaraan, kebersamaan, dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Australia.

Indonesia yang memiliki lahan yang luas dan hasil pertanian yang beragam, berharap dapat mengejar ketertinggalan dari standar Australia untuk dapat memasuki pasar Australia. Australia dengan teknologi canggihnya akan mendukung Indonesia dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian.

Sementara itu, keunggulan kompetitif Australia di bidang manufaktur, khususnya manufaktur otomotif, akan membantu mewujudkan rencana Indonesia dalam memproduksi kendaraan listrik.

Komitmen Australia untuk menjadi pemimpin dunia dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang berkualitas sangat sejalan dengan rencana Indonesia untuk meningkatkan tenaga terampilnya serta bonus demografi Indonesia dalam waktu dekat. Kepentingan bersama dan timbal balik inilah yang menjadi dasar kuat dari IA-CEPA Economic Cooperation Program (IACEPA – ECP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here