Gelar Entry Meeting Penguatan Zona Integritas, Kakanwil Tekankan untuk Terdepan dalam Pelayanan

0
76

(Vibizmedia – Nasional) Pontianak – Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat melaksanakan entry meeting pembangunan Zona Integritas oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Wilayah I di Aula Kantor Wilayah Lantai 2, Kamis (12/08).

Turut hadir kegiatan ini Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Barat (Fery Monang Sihite), Kepala Divisi Administrasi (Anggiat Ferdinan), Kepala Divisi Keimigrasian (Pamuji Raharja), Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan (Eka Jaka Riswantara) dan perwakilan 4 UPT di Kota Pontianak yang lolos penilaian TPI yaitu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, Rutan Kelas IIA Pontianak, LPKA Kelas II Sungai Raya, dan Rumah Detenesi Imigrasi Pontianak dan tersambung secara virtual bagi 3 Satker diluar Kota Pontianak yaitu Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas, dan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang.

Berperan sebagai moderator, Kepala Divisi Administrasi, Anggiat Ferdinan melaporkan bahwa Tim dari Inspektur Jenderal hadir untuk memberikan penguatan kepada seluruh satuan kerja yang akan melakukan Penilaian untuk menghadapi Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah, Fery Monang Sihite yang menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada 7 satuan kerja Kemenkumham Kalbar yang lolos untuk diusulkan ke TPN. Meskipun demikian, dirinya juga menekankan kepada satker yang lolos agar tidak cepat puas, dan terus meningkatkan inovasi-inovasi pelayanan kepada Publik sesuai dengan tagline ciri khas ASN Kemenkumham Kalimantan Barat #TerdepanDalamPelayanan.

“Sejalan dengan yang disampaikan Bapak Inspektorat Jenderal bahwa WBK/WBBM bukan ajang kontestasi, yang perlu dipahami adalah WBK/WBBM harus berasal dari jiwa dan hati yang terdalam untuk melakukan yang terepan dalam pelayanan dan untuk memberikan pelayanan yang terdepan kita harus cerdas dalam bertindak, jujur dalam bersikap dan memiliki integritas terpuji,”tegasnya.

Bertindak sebagai pemateri dan evaluator tim dari inspektorat wilayah I, Nur Sofiyah selaku Pengendali Teknis, Nur Sofiyah menyampaikan Kepada 7 Satker hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam evaluasi TPN seperti yel-yel yang harus dipimpin oleh Kepala Satuan Kerja, konten video yang menjelaskan inovasi pelayanan publik, paparan yang harus menjelaskan pembangunan 6 area perubahan dan hal-hal yang berpotensi ditanyakan saat sesi tanya jawab.

Nur Sofiyah juga menyampaikan strategi menghadapi TPN, Tingkatkan komitmen & konsistensi dalam Pelayanan, luruskan kesadaran, Tingkatkan pemahaman, tambahkan inovasi, pastikan tidak ada berita negatif yang viral, lakukan evaluasi dan terus berdoa.

Dirinya juga menjelaskan jadwal Pelaksanaan Desk Evaluasi oleh TPN direncanakan akan dilakukan pada Bulan Oktober sampai November 2021 dan beberapa hari kedepan, TPI akan melakukan monitoring secara langsung kepada Satuan kerja di dalam dan luar Kota Pontianak yang lulus penilaian panel TPI.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari UPT yang hadir dam tersambung melalui virtual kepada Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal.

Sumber : Humas Kemenkumham Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here