Tim Pengawasan Orang Asing Laksanakan Operasi Gabungan pada PLTU SULBAGUT Tanjung

0
72

(Vibizmedia – Nasional) Gorontalo – Jumat (13/8), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melalui Divisi Keimigrasian, khususnya Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) melaksanakan operasi gabungan pada PLTU Sulbagut Tanjung Karang.

TIMPORA yang diikuti oleh 22 orang peserta terdiri dari Unsur TNI/POLRI serta Instansi terkait lainnya ini dipimpin oleh Plt Kepala Divisi Keimigrasian (Zamroni), yang didampingi oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (James S.J Sembel).

Diterima Langsung oleh Sabrin Usira selaku pihak External PT. SEPC PLTU SULBAGUT Tanjung Karang Kab. Gorontalo Utara, menurutnya Progres Pekerjaan di PLTU SULBAGUT Tanjung Karang ini sudah mencapai 98 %. Running Test Sudah dilakukan, sehingga melalui Uji coba pengoperasian Borner pada bulan Mei 2021 dengan menyiapkan 100 Mega Watt yang di bagi dalam 2 unit ini diharapkan bisa memberikan kontribusi Untuk kemajuan pembangunan di provinsi Gorontalo khusus nya pengadaan Sumber Listrik bagi Warga Gorontalo dan sekitarnya.

Sedangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang di datangkan untuk bekerja pada proyek ini, 95 % berasal dri Negara China. Dengan Hampir selesainya Projek pekerjaan dan demi untuk menjaga isu-isu yang makin marak berkembang terkait dengan Keberadaan WNA, oleh pihak perusahaan telah mengambil kebijakan untuk memulangkan sebagian WNA yang telah selesai berdasarkan kontrak kerja, akan tetapi langkah untuk pemulihan teknologi telah selesai dilaksanakan di masa transisi yaitu dengan melakukan transfer Ilmu kepada para Tenaga Kerja yang masih tersisa baik TKA maupun TKI.

Menurut Humas PT. Gorontalo Listrik Perdana GLP Ramlan Modjo, sampai dengan saat ini para TKA dan TKI yang berada pada proyek ini, sejak Masa Pandemi Covid-19 tidak pernah ada yang terkonfirmasi Positif itu artinya Proyek PLTU SULBAGUT dalam Kondisi ZERO Positif Covid. Penerapan Prokes yang sangat ketat menjadi salah satu alasannya.

Ditambahkan pula bahwa sebagai bentuk Kontribusinya terhadap masyarakat sekitar khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara ini, Perusahaan telah mengadakan Bantuan baik kepada Pemerintah setempat maupun masyarakat sekitarnya, yaitu melalui bantuan ke sekolah – sekolah, pembagian sembako dalam bentuk paket, serta pembagian masker dan APD kepada para tenaga Medis.

Sumber : Humas Kanwil Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here