Verifikasi Diseminasi Pelayanan Publik Berbasis HAM pada Lapas Boalemo dan Lapas Pohuwato

0
89

(Vibizmedia – Nasional) Gorontalo – Kamis (12/8), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo melalui Bidang Hak Asasi Manusia melaksanakan Verifikasi Diseminasi Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) pada Lapas Kelas IIB Boalemo dan Lapas Kelas IIB Pohuwato.

Adapun dalam pelaksanaannya kegiatan ini dibagi dalam 2 tim, dimana Tim pada Lapas Kelas IIB Pohuwato dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo (Hantor Situmorang), sedangkan pada Lapas Kelas IIB Boalemo, dipimpin oleh Kepala Bidang Hak Asasi Manusia Kanwil Kemenkumham Gorontalo (Bintang Napitupulu).

Dalam kunjungannya Kepala Kantor Wilayah beserta tim, memantau fasilitas yang ada di Lapas Pohuwato yang menunjang pelaksanaan pelayanan publik berbasis HAM seperti loket dan ruang kunjungan, penyediaan maklumat pelayanan, fasilitas untuk disabilitas serta beberapa fasilitas pelayanan publik lainnya. Pada kesempatan itu juga, Kakanwil mengunjungi dan melaksanakan pemantauan kepada WBP dan blok-blok hunian yang berada di Lapas Pohuwato. Kakanwil berpesan agar selalu disiplin dalam Protokol Kesehatan dan selalu memperhatikan pelayanan kepada WBP serta tetap menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban.

Sedangkan pada Lapas Kelas IIB Boalemo, kedatangan tim verifikasi ini disambut langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Boalemo (Giyono) beserta jajaran Pejabat Struktural. Dalam kedatangannya, Tim verifikasi penilaian publik berbasis HAM yang diketuai oleh Kepala Bidang HAM (Bintang Napitupulu) didampingi oleh Kepala Subbidang Pemajuan HAM (Sarton Dali) ini langsung melaksanakan penilaian publik berbasis HAM yang dimulai dari penyediaan parkir untuk disabiltas, penyediaan maklumat pelayanan, penyediaan faslitas kotak aduan, penyediaan sarana air bersih, penyediaan sarana ibadah dan fasilitas lainnya berdasarkan Kriteria Pelayanan Publik berbasis HAM yang dinilai berdasarkan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2018.

Berdasarkan kunjungan kedua tim, Pada Lapas Boalemo maupun pada Lapas Pohuwato masih terdapat beberapa hal yang perlu dimaksimalkan, tak hanya sarana dan prasana, Data Dukung seperti dokumentasi pun harus juga diperhatikan sebagai standar minimal dalam penilaian Pelayanan Publik Berbasis HAM, hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang HAM (Bintang Napitupulu).

Tak hanya itu, Lapas Boalemo dan juga Lapas Pohuwato berkomitmen untuk terus berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan prima berbasis HAM kepada Masyarakat.

Sumber : Humas Kanwil Gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here