Olah Raga yang Aman di Masa Pandemi

0
145

Pandemi Covid-19 membuat membuat gaya hidup sehari-hari berubah dikarenakan adanya himbauan untuk physical distancing. Salah satunya yang berubah adalah olahraga. Aktivitas untuk berolahraga di luar rumah pun harus dibatasi. Namun, hal itu bukan berarti berhenti berolahraga di masa pandemi ini, olahraga di masa ini tidaklah mustahil untuk dilakukan.

Olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat bahkan daya tahan tubuh juga bisa lebih kuat apabila olahraga dilakukan secara benar dan aman. Olahraga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Untuk berolahraga di tengah pandemi harus tetap mengikuti protokol kesehatan, maka dari itu tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan. Jenis olahraga yang disarankan di masa pandemi ini sifatnya individual yang dapat dilakukan di rumah tanpa melibatkan banyak orang.

Berikut ini olahraga yang dapat dilakukan di rumah secara aman :

Jumping Jack

Dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, cukup dengan menggunakan sepatu olahraga yang nyaman, dan tanpa peralatan khusus, Olahraga ini bermanfaat untuk menekan risiko penyakit jantung, dapat menguatkan otot betis, bokong, paha, dan bahu.

Caranya : Berdirilah dengan kedua kaki lurus dan kedua tangan di samping, melompat sambil melebarkan kaki dan kedua tangan ke atas hampir bersentuhan, melompat lagi sambil menurunkan kedua tangan dan mengembalikan kaki ke posisi semula.

Lompat Tali

Biasanya dikenal dengan nama Skipping. Membutuhkan peralatan berupa tali yang khusus. Olahraga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan koordinasi tubuh, dan menguatkan otot kaki. Caranya : Berdirilah tegak dengan kedua tangan menggenggam gagang tali (tali harus menggantung di belakang kaki), ayunkan tali menggunakan telapak dan pergelangan tangan melewati kepala, lompat ketika tali terayun menuju kaki.

Plank

Olahraga jenis ini terlihat simple namun butuh upaya untuk konsisten melakukan gerakan ini. Bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, memperkuat otot, dan memperbaiki postur tubuh. Caranya yaitu tubuh lurus menghadap lantai atau matras, topang tubuh dengan kedua lengan membentuk sudut 90 derajat, siku dan ujung kaki menjadi tumpuan, posisi tubuh mesti lurus horizontal (lalu tarik otot perut ke dalam), pertahankan posisi selama beberapa detik. Ulangi dan tingkatkan durasi plank secara berkala.

Push Up

Olahraga ini dapat dilakukan di rumah tanpa memerlukan alat bantu. Bermanfaat untuk memperkuat tubuh bagian atas seperti dada, meningkatkan kekuatan otot dada dan tubuh menjadi lebih fit.

Senam Aerobik

Jika tidak memiliki alat latihan kardio, bisa melakukan senam aerobik yang memiliki manfaat yang sama dan dapat dilakukan di rumah. Dengan cara mengikuti video tutorial senam aerobik. Senam ini bermanfaat untuk meredakan gangguan cemas dan gejala depresi, serta membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Sit Up

Harus dilakukan dengan cara yang benar, untuk itu pilihlah cara melakukan sit up yang paling nyaman. Olahraga ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan menguatkan otot perut. Caranya : Dalam posisi berbaring, tekuk lutut dengan telapak kaki menempel di lantai (lebar kaki setara dengan pinggul), Kedua tangan memegang bagian belakang kepala membentuk sudut, sambil membuang nafas (dorong bagian atas tubuh ke atas hingga tegak), sambil menarik napas (balik ke posisi berbaring semula), pandangan harus lurus.

Yoga

Banyak pilihan gerakan yoga di tengah pandemi ini dengan tingkat kemudahan dan kesulitan yang berbeda. Yoga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan menjaga kebugaran fisik dan psikis. Caranya bisa dilihat dari Youtube, pilih gerakan yang paling mudah, dan jangan pernah memaksakan diri melakukan gerakan yang sulit sebagai pemula.

Lakukanlah olahraga rutin dengan menerapkan pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup supaya sistem imun tetap kuat untuk dapat melawan virus dan penyakit lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here